News
Jumat, 15 Januari 2010 - 10:03 WIB

Gerhana Matahari di Indonesia dilihat tak penuh

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta– Indonesia diprediksikan hanya sedikit menikmati fenomena gerhana matahari cincin lantaran tidak begitu dekat dengan puncak gerhana matahari cincin di India. Indonesia akan sekadar melihat gerhana matahari sebagian tidak sampai gerhana matahari cincin.

“Puncak gerhana matahari ini berada di India dengan puncak gerhana cincin 11 menit, tapi di wilayah lain di luar jalur itu, hanya bisa melihat sebagian saja,” kata peneliti utama Astronomi-Astrofisika Lapan Bandung Thomas Djamaluddin, Jumat (14/1).

Advertisement

Thomas menambahkan, selain puncak gerhana cincin di sekitar India, jalur yang dilewati gerhana cincin lainnya yaitu Myanmar, Cina dan Afrika Tengah.

“Piringan matahari tertutup bulan sehingga pengamat di bawahnya melihatnya seperti cincin. Kalau di luar jalur itu, orang akan melihat matahari sabit, seperti di Aceh akan tampak setengah matahari tertutup mirip bulan setengah,” jelasnya.

Thomas menjelaskan, gerhana cincin terjadi 11 menit. Sementara gerhana sebagiannya mencapai 1 jam lebih. “Kalau gerhana sebagian, maka hanya sebagian saja belum sampai cincin,” ucapnya. Gerhana matahari diperkirakan akan terjadi pada pukul 14.33 WIB- pukul 16.00 WIB.

Advertisement

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Gerhana Matahari Setengah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif