News
Kamis, 14 Januari 2010 - 19:56 WIB

Harga beras melambung, Pemkot belum gelar OP

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Solo (Espos)–
Pemerintah Kota (Pemkot) Solo belum akan menggelar operasi pasar (OP) kendati harga beras di tingkat pasaran terus merangkak naik.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Solo, Joko Pangarso, menyampaikan toleransi kenaikan harga beras sehingga perlu dilakukan operasi pasar adalah jika beras sudah mengalami kenaikan harga hingga 25% dari tiga bulan sebelumnya atau dari harga normal.

Advertisement

Hal ini, terang Joko, disampaikan dalam Permendag No 22/M-DAG/PER/10/2005 Tentang penggunaan cadangan beras pemerintah untuk pengendalian gejolak harga. “Sementara, saat ini kenaikan harga beras di pasaran baru berkisar 10%, jadi memang belum perlu untuk dilakukan operasi,” tutur Joko, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Kamis (14/1).

Seperti diketahui, sejak akhir Desember lalu, harga jual beras di pasaran terus mengalami kenaikan. Seperti C4 biasa, dari Rp 5.000 per kilogram, sekarang berada pada kisaran Rp 5.800 hingga 6.000 per kilogram. Kemudian, C4 super dari harga normal Rp 5.500 per kilogram, saat ini berkisar Rp 6.600 per kilogram. Kenaikan kebutuhan bahan pokok yang cukup drastis juga terjadi pada gula dan minyak goreng.

“Yang jelas, operasi pasar itu nanti adalah instruksi langsung dari Departemen Perdagangan RI (Depdagri). Walikota atau Bupati bisa mengajukan jika memang berada dalam situasi darurat. Itupun, pengajuannya melalui Gubernur ke Depdagri,” tambah Joko didampingi Kasubid Perdagangan Dalam Negeri, Corina EP.

Advertisement

Ditambahkan Corina, saat ini yang menjadi perhatian pemerintah adalah soal kenaikan tiga kebutuhan bahan pokok, yakni beras, gula dan minyak goreng. Gula, disampaikan Corina, saat ini masih stabil tinggi pada kisaran harga Rp 10.500 per kilogram.

haw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Harga Beras Melambung Op
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif