Selasa, 12 Januari 2010 13:40 WIB News Share :

Gus Dur akan peroleh gelar Bapak Perdamaian Papua

Jayapura–Mendiang mantan Presiden KH Abdulrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur akan diberi gelar Bapak Perdamaian Papua.

“Pemberian gelar itu akan dilaksanakan pada peringatan 10 tahun kembalinya nama Papua di gedung olahraga Cenderawasih APO Jayapura pada 25 Januari mendatang,” kata ketua panitia pelaksana Zadrack Taime di Jayapura, Selasa (12/1).

Ia mengatakan gelar itu diberikan karena mendiang Gus Dur saat menjadi presiden telah mengembalikan nama Papua dari yang sebelumnya Irian Jaya.

“Hal itu dinilai beliau mampu menumbuhkan suasana yang damai dan bermartabat, karena itu walau Gus Dur sudah pergi tetapi idealisme dan rohnya tidak pergi, nama beliau terukir manis di kalbu orang-orang Papua,” katanya.

Menurut dia, penyerahan gelar itu akan diserahkan kepada  Lily Chadijah Wahid, anggota Komisi I DPR RI yang akan datang mewakili keluarga Gur Dur.

Selain pemberian gelar, peringatan itu juga akan ditandai dengan peluncuran buku “Hai Tanahku Papua, Untukmu Pahlawan” yang ditulis dalam rangka 10 tahun pengembalian nama Papua oleh Gus Dur.

Kegiatan yang akan dihadiri sekitar 500 peserta dari berbagai elemen masyarakat. Nama Papua dikembalikan dari nama sebelumnya Irian Jaya oleh Gus Dur pada 1 Januari 2000.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. Lemindo Abadi Jaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…