News
Selasa, 12 Januari 2010 - 13:40 WIB

Gus Dur akan peroleh gelar Bapak Perdamaian Papua

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jayapura–Mendiang mantan Presiden KH Abdulrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur akan diberi gelar Bapak Perdamaian Papua.

“Pemberian gelar itu akan dilaksanakan pada peringatan 10 tahun kembalinya nama Papua di gedung olahraga Cenderawasih APO Jayapura pada 25 Januari mendatang,” kata ketua panitia pelaksana Zadrack Taime di Jayapura, Selasa (12/1).

Advertisement

Ia mengatakan gelar itu diberikan karena mendiang Gus Dur saat menjadi presiden telah mengembalikan nama Papua dari yang sebelumnya Irian Jaya.

“Hal itu dinilai beliau mampu menumbuhkan suasana yang damai dan bermartabat, karena itu walau Gus Dur sudah pergi tetapi idealisme dan rohnya tidak pergi, nama beliau terukir manis di kalbu orang-orang Papua,” katanya.

Menurut dia, penyerahan gelar itu akan diserahkan kepada  Lily Chadijah Wahid, anggota Komisi I DPR RI yang akan datang mewakili keluarga Gur Dur.

Advertisement

Selain pemberian gelar, peringatan itu juga akan ditandai dengan peluncuran buku “Hai Tanahku Papua, Untukmu Pahlawan” yang ditulis dalam rangka 10 tahun pengembalian nama Papua oleh Gus Dur.

Kegiatan yang akan dihadiri sekitar 500 peserta dari berbagai elemen masyarakat. Nama Papua dikembalikan dari nama sebelumnya Irian Jaya oleh Gus Dur pada 1 Januari 2000.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif