News
Selasa, 12 Januari 2010 - 11:02 WIB

Dana Boedi Sampoerna sempat 'mampir' ke Singapura

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta-
-Kepala Satuan Kerja Audit Internal Bank Century Susanna Chuo merasa dibohongi oleh Dewi Tantular yang pada saat itu menjabat sebagai Direktur Treasury Bank Century mengenai dana pinjaman US$ 18 juta dari Boedi Sampoerna.

Dana yang awalnya direncanakan untuk menutup kerugian transaksi valas Bank Century tersebut ternyata ditemukan fraud.

Advertisement

“Saya akan meluruskan mengenai kasus dana US$ 18 juta, itu merupakan fraud,” ujar Susanna di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (11/1) malam.

Ia menjelaskan bahwa dirinya pernah menemukan ‘cash in transit’ ke Singapura.

“Saya bertugas mengurus cash count, dan ketika diperiksa ternyata ada cash in transit ke Singapura. Kemudian saya mendatangi Dewi Tantular dan mengkonfirmasi cash yang transit ke Singapura tersebut namun Dewi hanya mengatakan bahwa memang benar ada tanpa memberitahukan dana siapa,” paparnya.

Advertisement

Akhirnya, lanjut Susanna, sewaktu dipanggil oleh manajemen baru yakni Erwin Prasetyo ternyata dikatakan bahwa cash in transit tersebut memang merupakan dana Boedi Sampoerna sebesar US$ 18 juta.

“Saya merasa dibohongi dari situ, karena ketika saya meminta dokumen-dokumen untuk melihat dana yang mampir ke Singapura tidak pernah diberikan oleh para direksi,” jelasnya.

Susanna menambahkan, semenjak berada dibawah manajemen lama, dirinya kerap tidak pernah memperoleh data-data dan dokumen secara lengkap ketika menemukan sebuah penyelewengan atau sesuatu yang dicurigai.

Advertisement

“Oleh karena itu saya sangat terbatas dalam mencari kebenaran,” pungkasnya.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif