News
Minggu, 10 Januari 2010 - 17:24 WIB

Wakil menteri kesehatan Thailand mundur

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bangkok–Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Minggu mengundurkan diri setelah dituduh terlibat skandal korupsi sekitar US$2,57 miliar menyangkut program pemeliharaan kesehatan.

Manit Nopamornbodee adalah menteri kedua yang mengundurkan diri  menyangkut skandal yang dilakukan pejabat tinggi , yang memalukan  pemerintah koalisi  yang bersiap-siap  menghadapi aksi protes di jalan-jalan dan mosi tidak percaya di parlemen.

Advertisement

Menteri Kesehatan Masyarakat Witthaya Kaewparadai, anggota Partai Demokrat yang berkuasa, mengundurkan diri 29 Desember  tetapi penolakan wakilnya untuk mengikut jejaknya  menimbulkan ketegangan  dalam pemerintah koalisi enam partai yang dilanda percekcokan.

Dengan dukungan Partai Bhumujai Thai yang dipimpinnya, mitra koalisi terbesar kedua , Manit mengabaikan imbauan Perdana Menteri Abhisit  Vejjajiva untuk mengundurkan diri dalam apa yang menurut para pengamat satu tanda  percecokan yang mendalam  dalam tubuh pemerintah.

“Saya menegaskan bahwa saya tidak pernah terlibat apa yang disebut kasus korupsi itu , akan tetapi saya mengundurkan diri untuk menunjukkan tanggung jawab saya  dan meredakan tekanan politik  terhadap partai Bhumjai Thai,” kata Manit kepada wartawan.

Advertisement

Empat menteri telah mengundurkan diri, tiga menyangkut skandal korupsi, sejak pemerintah berkuasa setahun lalu, yang berikrar  pemberantasan korupsi sebagai salah satu prioritasnya.

Abhisit dalam dalam pidato televisi mingguannya mengatakan ia akan merampungkan satu daftar  perombakan kecil dalam kabinet akhir pekan ini.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif