News
Sabtu, 9 Januari 2010 - 14:52 WIB

Sosiolog: waspadai ideologi komunis tumbuh subur di Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Gerakan pendukung Partai Komunis Indonesia (PKI) muncul di situs jejaring sosial facebook. Bisa jadi hal ini bukan hanya main-main, karena ideologi Komunis tidak pernah mati.

“Sesungguhnya ideologi komunis sangat kuat cengkramannya. Tidak lapuk karena zaman. Komunis itu subur di lingungan yang miskin,” ujar pengamat politik dan sosiolog Universitas Indonesia, Musni Umar, Sabtu (9/1).

Advertisement

Musni menjelaskan, mungkin saja namanya bukan lagi PKI, atau membawa embel-embel nama komunis. Tetapi, gerakan tersebut tetap pada sama seperti partai Komunis.

“Bisa jadi partai atau gerakan lain, tetapi polanya radikal seperti komunis. Anti kaum borjuis dan pola-pola komunis lainnya,” terang Musni.

Menurut Musni, selama kesenjangan antara si kaya dan si miskin masih tinggi, seperti di Indonesia, maka ideologi Komunis akan berpeluang tumbuh dan berkembang. Apalagi sebentar lagi Indonesia akan memasuki era perdagangan bebas.

Advertisement

“Ini kan membuat masyarakat kecil makin sulit. Komunis itu memang hanya memberi angin surga, tetapi rakyat kecil merasa mendapat harapan,” jelasnya.

Cara memerangi Komunis menurutnya adalah dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Para pejabat pun diimbau agar tidak bermewah-mewahan dan menyakiti hati rakyat. “Para pejabat harus hidup sederhana,” terangnya.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Ideologi Komunis Sosiolog
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif