Sabtu, 9 Januari 2010 14:52 WIB News Share :

Sosiolog
waspadai ideologi komunis tumbuh subur di Indonesia

Jakarta–Gerakan pendukung Partai Komunis Indonesia (PKI) muncul di situs jejaring sosial facebook. Bisa jadi hal ini bukan hanya main-main, karena ideologi Komunis tidak pernah mati.

“Sesungguhnya ideologi komunis sangat kuat cengkramannya. Tidak lapuk karena zaman. Komunis itu subur di lingungan yang miskin,” ujar pengamat politik dan sosiolog Universitas Indonesia, Musni Umar, Sabtu (9/1).

Musni menjelaskan, mungkin saja namanya bukan lagi PKI, atau membawa embel-embel nama komunis. Tetapi, gerakan tersebut tetap pada sama seperti partai Komunis.

“Bisa jadi partai atau gerakan lain, tetapi polanya radikal seperti komunis. Anti kaum borjuis dan pola-pola komunis lainnya,” terang Musni.

Menurut Musni, selama kesenjangan antara si kaya dan si miskin masih tinggi, seperti di Indonesia, maka ideologi Komunis akan berpeluang tumbuh dan berkembang. Apalagi sebentar lagi Indonesia akan memasuki era perdagangan bebas.

“Ini kan membuat masyarakat kecil makin sulit. Komunis itu memang hanya memberi angin surga, tetapi rakyat kecil merasa mendapat harapan,” jelasnya.

Cara memerangi Komunis menurutnya adalah dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Para pejabat pun diimbau agar tidak bermewah-mewahan dan menyakiti hati rakyat. “Para pejabat harus hidup sederhana,” terangnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
KLINIK BERSALIN UTAMA RB. DR. JOHAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (05/01/2018). Esai ini karya Ahmad Halim, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Administrasi Jakarta Utara. Alamat e-mail penulis adalah ah181084@gmail.com Solopos.com, SOLO–Pemberlakuan UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum (gabungan UU No. 8/2012, UU…