News
Jumat, 8 Januari 2010 - 16:16 WIB

Tebing longsor, tiga penambang tewas

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Sleman–
Tiga orang penambang pasir di kawasan penambangan Kali Gendol Dusun, Srunen, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Jumat  (8/1), tewas seketika akibat tertimbun tanah pasir dari tebing yang longsor.

Dua korban di antaranya merupakan suami isteri yakni Suranto (52) dan Ngatinem (38) warga setempat, sedangkan satu korban lagi belum diketahui identitasnya,” kata Kepala Dinas Pengairan, Pertambangan dan Penanggulangan Bencana Alam (P3BA) Kabupaten Sleman Widi Sutikno.

Menurut dia, saat ini ketiga korban telah berhasil dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan visum.

Advertisement

“Ketiga korban berhasil dievakuasi setelah beberapa warga setempat berupaya mencari mereka dari timbunan tanah dan batu yang longsor,” katanya.

Ia mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika ketiga korban seperti hari biasanya melakukan aktivitas penambangan pasir di area Kali Gendol, Glagaharjo, Cangkringan.

“Namun mereka ini dalam mencari pasir justru menggali dan membuat lobang bagian bawah tebing yang memiliki ketinggian lebih dari 60 meter tersebut,” katanya.

Advertisement

Karena terus digali dan diambil pasirnya maka sekitar pukul 09.30 WIB tebing yang ada di atas mereka longsor dan langsung menimbun ketiga korban.

“Sebenarnya para penambang pasir sudah beberapa kali diingatkan bahwa tidak boleh melakukan penggalian di bawah tebing dengan jarak dua meter dari tebing, namun mereka selalu tidak mengindahkan hingga peristiwa tebing runtuh yang sudah beberapa kali terjadi ini terulang lagi dan memakan korban jiwa,” katanya.

ant/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Penambang Tewas
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif