News
Selasa, 5 Januari 2010 - 14:45 WIB

SBY prihatin uang negara diselewengkan

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden SBY menyoroti masih terjadinya penyimpangan penggunaan APBN di daerah. Untuk itu dia berharap pada 2010 ini para kepala daerah bisa bijak dalam menggunakannya.

“Terus terang saya masih merasa prihatin bahwa hingga hari ini masih ada kasus-kasus penyimpangan penggunaan APBN, terutama di tingkat Daerah,” kata SBY.

Advertisement

Hal itu disampaikan SBY dalam pidato Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2010 di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (5/1/2009).

Untuk itu, lanjut SBY, mengingat besarnya dana APBN yang mengalir ke daerah, diharapkan kepada Pemerintah Daerah dapat menggunakan anggaran itu dengan patut dan tepat.

“Saya minta dengan sungguh-sungguh agar jangan terjadi pemborosan apalagi penyimpangan dan penyalahgunaan,” imbuhnya.

Advertisement

Dalam pidatonya itu SBY juga menjelaskan mengenai jumlah anggaran yang ditransfer ke daerah, dalam bentuk dana perimbangan serta
dana otonomi khusus dan penyesuaian, terus bertambah besar.

Total dana perimbangan mencapai Rp 306 triliun, sementara dana otonomi khusus dan penyesuaian sebesar Rp 16,4 triliun. Dana Perimbangan tersebut terdiri atas Dana Bagi Hasil sebesar Rp 81,4 triliun, Dana Alokasi Umum sebesar Rp 203,5 triliun, dan Dana Alokasi Khusus sebesar Rp 21,1 triliun.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : SBY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif