News
Minggu, 3 Januari 2010 - 13:12 WIB

BPS pastikan inflasi 2009 di bawah 3%

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Biro Pusat Statistik (BPS) memastikan angka inflasi tahun 2009 di bawah 3 persen. Rendahnya laju inflasi tahun 2009 didorong oleh krisis ekonomi dunia, yang berimbas kepada perekonomian Indonesia.

“Pastinya untuk tahun ini di bawah 3 persen. Hanya untuk angka pastinya akan kami umumkan besok,” ujar Kepala BPS  Rusman Heriawan saat berbincang dengan detikFinance, Minggu (3/1).

Advertisement

Menurut Rusman, rendahnya angka inflasi tahun 2009 merupakan dampak dari krisis ekonomi global yang menyebabkan permintaan dunia menurun. Imbasnya, terjadi penurunan harga komoditas di pasaran internasional.

“Kondisi ini kemudian berdampak ke Indonesia,” kata dia.

Advertisement

“Kondisi ini kemudian berdampak ke Indonesia,” kata dia.

Faktor lainnya, imbuh Rusman, yaitu pemerintah tidak membuat kebijakan yang menyebabkan pricing shock seperti menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) atau Bahan Bakar Minyak (BBM) sepanjang tahun 2009.

“Jadi angka ini merupakan dampak keseluruhan dari internal dan eksternal,” ungkap dia.

Advertisement

“Meskipun demand tinggi tapi memang karena suplai cukup, distribusi baik sehingga harga tidak melonjak. Bahkan harga-harga kebutuhan pokok ada yang mengalami deflasi,” kata dia.

Rusman menambahkan, target inflasi yang ditetapkan pemerintah untuk tahun 2010 sebesar 5 persen merupakan angka inflasi yang paling ideal. Pasalnya dengan dapat bertahan di level 5 persen, itu menunjukan tidak terjadi penurunan daya beli dan adanya peningkatan permintaan.

“Jadi 5 persen itu yang terbaik, karena inflasi kalau sangat rendah juga tidak baik,” kata dia.

Advertisement

Namun, Rusman menilai, pemerintah harus bekerja keras untuk menahan agar angka inflasi bisa bertahan di level 5 persen tahun 2010. Hal ini terkait membaiknya perekonomian dunia yang  akan mengakibatkan adanya peningkatan permintaan dunia.

Peningkatan permintaan ini, lanjut Rusman, akan berdampak terhadap harga di pasar dunia sehingga akan terjadi imported inflation. Pulihnya ekonomi dunia, juga menyebabkan pertumbuhan ekonomi termasuk Indonesia akan mengalami peningkatan.

“Hal yang wajar kalau pertumbuhan ekonomi naik, maka inflasi juga ikut naik. Jadi masalahnya, bisa tidak pemerintah mengelola inflasi agar bisa mencapai target tahun ini,” tandas dia.
dtc/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : BPS Inflasi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif