Sabtu, 2 Januari 2010 20:05 WIB News,Ekonomi Share :

Kondisi BBM dan listrik aman

Jakarta--Pemerintah menyatakan kondisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kelistrikan memasuki awal tahun 2010 aman dan terkendali. Hal ini diketahui berdasarkan laporan Posko Energi Sumber Daya Alam dan Mineral (ESDM) tanggal 1 Januari 2009 hingga 20:00 WIB.

Seperti dikutip dari situs Kementerian ESDM, Sabtu (2/1), rata-rata stok BBM masih diatas 10 hari sedangkan sistem kelistrikan meski tiga sistem kelistrikan mengalami defisit namun secara umum dalam kondisi aman.

Stok BBM hingga pukul 20:00 menunjukkan, Premium stok rata-rata mencapai 18,98  hari, minyak solar 21,46 hari, minyak tanah 56,38 hari, pertamax 27,60 hari, pertamax plus 88,90 hari, LPG 18,4 hari dan avtur stok mencapai rata-rata 28,7 hari.

Sementara mengenai status kelistrikan, keseluruhan Sistem Kelistrikan dalam kondisi aman dan tidak terjadi pemadaman, kecuali Sistem Bangka, Maluku dan Sistem Sorong. Ketiga sistem tersebut mengalami defisit pasokan listrik.

Terkait dengan kondisi kegeologian, Posko ESDM melaporkan, 15 gunung api dalam status Waspada (Level II), dan Enam gunung api dalam status Normal (Level I). Yang perlu diwaspadai karena banyak di kunjungi wisatawan, gunung tersebut adalah Gunung Tangkuban Perahu, Galunggung, Talang, Karangetang dan Gunung Ibu.

Posko ESDM merupakan posko gabungan dari institusi terkait sektor ESDM, tugas utama Posko ESDM adalah akan memantau kesiapan sektor ESDM menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2010. Petugas piket terdiri dari perwakilan Unit-unit dilingkungan KESDM, BPH Migas, PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero). Posko ESDM telah beroperasi sejak 23 Desember 2009 lalu dan berakhir pada tanggal 3 Januari 2009.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…