Soloraya
Jumat, 1 Januari 2010 - 19:50 WIB

Ribuan pengunjung padati WGM

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Ribuan pengunjung memadati kawasan wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (WGM) pada libur tahun baru, Jumat (1/1) kemarin. Hal itu membuat pengelola obyek wisata itu kewalahan mengatur parkir kendaraan karena lahannya yang terbatas.

Pantauan Espos, pengunjung sudah mulai berdatangan ke obyek wisata itu sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka datang berombongan menggunakan mobil, truk, atau sepeda motor. Hanya dalam waktu 1,5 jam, lebih dari 3.000 tiket masuk terjual. Liburan tahun baru 2008 lalu, jumlah pengunjung selama sehari mencapai 11.000 orang lebih. Parkir kendaraan pun sampai membeludak ke jalur lambat di depan pintu masuk obyek wisata itu, membuat pihak pengelola kewalahan mengaturnya.

Advertisement

“Kami punya dua areal parkir. Pada hari-hari biasa kami hanya mengefektifkan satu areal parkir. Tapi kalau sudah membeludak begini ya dua-duanya dibuka. Itupun, masih belum bisa menampung semua kendaraan,” ungkap staf bagian keuangan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kawasan Wisata WGM, Pardiyanto, yang bertugas di bagian penjualan tiket merangkap mengatur parkir.

Kepala UPT Kawasan Wisata WGM, Bagus Sudarsono, ditemui di lokasi mengungkapkan hari-hari libur seperti kemarin memang menjadi dilema bagi pihaknya selaku pengelola. Di satu sisi, pada hari-hari itu jumlah pengunjung membeludak sehingga meningkatkan pemasukan ke pendapatan asli daerah (PAD). Namun, di sisi lain, yang selalu menjadi persoalan setiap kali pengunjung ramai adalah soal lahan parkir yang terbatas.

“Di obyek wisata ini kami hanya memiliki lahan parkir dengan kapasitas 500 mobil dan 2.500-an sepeda motor. Namun, pada praktiknya, kalau hari ramai begini, jumlah mobil yang masuk bisa mencapai 2.000-an, sedangkan sepeda motornya 5.000-an,” jelas Bagus.
shs

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : WGM Wonogiri
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif