Jumat, 1 Januari 2010 10:29 WIB News,Ekonomi Share :

Menkeu
2009 Bukan tahun mudah bagi perekonomian

Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan 2009 bukan merupakan tahun yang mudah bagi perekonomian Indonesia.

“Tahun 2009 bukan tahun mudah dan alhamdulillah perekonomian bisa kita jaga sehingga dampak buruk krisis global bisa kita minimalkan,” ujarnya usai pelantikan sekaligus serah terima jabatan Dirjen Bea dan Cukai di Gedung Menko Perekonomian Jakarta, Kamis malam.

Ia menambahkan, ada beberapa indikator riil perekonomian membaik yaitu ada peningkatan daya beli masyarakat, peningkatan kesejahteraan, penurunan angka kemiskinan, penurunan angka inflasi dan stabilitas nilai tukar rupiah yang cenderung meningkat.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak mengalami dampak seburuk negara-negara lain sehingga masih bisa mempertahankan berbagai aktivitas ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat seperti adanya kesempatan kerja, kesejahteraan, dan pemerataan pembangunan.

“Itu momentum 2009 yang sangat menantang, cukup sulit namun telah bisa kita atasi,” ujarnya. Untuk itu, dalam 2010 ini, Sri mengharapkan prestasi dalam bidang ekonomi tersebut jangan disia-siakan dan momentum tersebut harus dimanfaatkan agar tidak kehilangan momen kegiatan yang benar-benar berguna bagi masyarakat.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat masih menjadi tantangan bersama pemerintah dengan menggunakan seluruh sumber daya ekonomi untuk menjadi instrumennya,” ujarnya.

Ia menambahkan penggunaan sumber daya ekonomi tersebut dilakukan untuk memperbaiki kesejahteraan baik melalui pembangunan infrastruktur, pemerataan kesempatan kerja maupun pemberian subsidi.

“Untuk itu kita juga akan memperbaiki tingkat pendapatan masyarakat termasuk meningkatkan kesejahteraan dari segi pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
PT. ATALIAN GLOBAL SERVICE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…