Kamis, 31 Desember 2009 13:14 WIB News Share :

Waspadai gelombang tinggi pada malam Tahun Baru

Cilacap– Stasiun Meteorologi Cilacap mengimbau masyarakat yang hendak memanfaatkan libur tahun baru dengan berwisata di pantai selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk berhati-hati terhadap kemungkinan adanya gelombang setinggi dua meter.

“Ketinggian gelombang di pantai selatan Jateng dan DIY pada Jumat (1/1) diprakirakan berkisar antara 0,5 meter hingga dua meter, sehingga wisatawan diimbau untuk berhati-hati terhadap kemungkinan adanya gelombang setinggi dua meter tersebut,” kata Analis Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo di Cilacap, Kamis (31/12).

Sementara ketinggian gelombang di wilayah Samudera Hindia, kata dia, diprakirakan berkisar antara satu hingga 2,5 meter. Menurut dia, angin di wilayah perairan selatan Jateng dan DIY bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan berkisar antara 15 hingga 40 kilometer per jam.

“Secara umum cuaca di wilayah perairan selatan Jateng dan DIY berawan sebagian¬† hingga berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang antara siang-malam hari,” katanya.

Menurut dia, kondisi cuaca tersebut diprakirakan berpeluang terjadi di wilayah daratan Jateng dan DIY. Akan tetapi, kata dia, hujan di wilayah Jateng dan DIY berpeluang disertai petir antara siang-pagi hari.

“Angin umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan berkisar antara lima hingga 30 km/jam. Sedangkan suhu udara diprakirakan berkisar antara 23-31 derajat Celcius dengan kelembaban 60-96 persen,” kata Teguh.

ant/isw

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.¬†¬† Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…