Kamis, 31 Desember 2009 12:02 WIB News Share :

Ribuan warga dan rohaniwan lintas agama padati Ponpes Tebuireng


Jombang–
Ribuan warga Nahdliyin memadati kompleks Ponpes Tebuireng, Jombang untuk menyambut jenazah KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Salah satu tempat yang dipadati warga adalah Masjid Ulul Albab, tempat jenazah Gus Dur akan disalatkan.

Selain di masjid, warga juga memadati pinggir-pinggir jalan menuju ponpes. Sebagian warga yang berada di dalam masjid mengaji dan membacakan tahlil sambil menunggu kehadiran jenazah.

Selain warga nahdliyin, para pemuka agama lintas agama juga hadir di kompleks Ponpes. Mereka duduk di tenda tamu pelayat. Di antara mereka, tampak para biksu yang mengenakan pakaian warna kuning dan merah hati.

Karpet merah juga telah digelar di area pemakaman yang terletak di ponpes ini. Di karpet merah ini nantinya akan digelar proses upacara pemakaman Gus Dur. Gus Dur akan dimakamkan di dekat makam kakeknya yang juga pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari dan di samping makam ayahnya, KH Wahid Hasyim.

Penjagaan di kompleks Ponpes Tebuireng tampak ketat. Sedangkan cuaca di lokasi sangat terik. Namun demikian, warga termasuk ibu-ibu yang membawa anak-anak kecil tetap setia menanti jenazah Gus Dur.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…