Kamis, 31 Desember 2009 18:15 WIB Issue Share :

Garin Nugroho nilai kualitas film Indonesia akan meningkat di 2010

Jakarta– Sutradara Garin Nugroho mengatakan bahwa kualitas film Indonesia akan mengalami peningkatan di tahun 2010.

“Kualitas film Indonesia akan mengalami peningkatan di tahun 2010,” kata Garin Nugroho kepada ANTARA di Jakarta, Kamis (31/12).

Garin menjelaskan, sepanjang pengamatannya di tahun 2009 , perfilman Indonesia mengalami peningkatan jumlah namun kualitasnya menurun.

“Kalau dari segi jumlah meningkat.  Namun dari segi kualitas film kita menurun sepanjang 2009,” katanya.

Ia mengakui, kualitas film Indonesia masih kalah dengan negara tetangga seperti Singapura, Thailand atau Filipina.

Namun pada tahun 2010 ,ia yakin bahwa peningkatan kualitas film Indonesia akan terjadi seiring lahirnya sineas generasi baru pasca-Riri Riza, Nia Dinata dan lain sebagainya.

“Akan lahir generasi baru yang sehebat Riri Riza, Nia Dinata dan lain sebagainya,” katanya.

Meski demikian, ia memperkirakan bahwa peningkatan kualitas film Indonesia di 2010 tidak terlalu signifikan. Generasi baru yang akan muncul berasal dari wajah baru ataupun wajah lama yang selama ini belum diberi ruang.

“Saya optimis bahwa kualitas perfilman di Indonesia akan terus mengalami peningkatan di tangan sutradara handal yang sudah ada dan lahirnya para generasi baru mendatang,” katanya.

ant/isw

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…