Rabu, 30 Desember 2009 22:51 WIB Karanganyar Share :

Tawangmangu dan Pusat Kota fokus pengamanan Tahun Baru

Karanganyar (Espos)–Polres Karanganyar mengerahkan sebanyak 320 personil guna mengamankan perayaan tahun baru 2010 di wilayah setempat. Pengamanan akan dititikberatkan di dua lokasi utama, yaitu Obyek Wisata Tawangmangu dan Pusat Kota.

Kapolres Karanganyar, AKBP Edi Suroso, melalui Kasatlantas AKP Andhika Bayu Adhittama, dalam penjelasannya kepada Espos menyebutkan hal itu mengingat kedua tempat tersebut yang merupakan titik atau fokus konsentrasi massa.

Di Pusat Kota, ujarnya, petugas gabungan terutama akan dikonsentrasikan di kompleks Alun-alun dan Taman Pancasila. Upaya itu guna mengantisipasi berbagai gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama perayaan tahun baru.

“Sedangkan di Tawangangu, lokasi yang diwaspadai adalah loket retribusi, pasar, serta Taman Balai Kambang. Total di tiga tempat itu petugas kepolisian yang terjunkan sebanyak 57 orang, dengan perincian loket enam orang, pasar 24 orang, dan taman 27 orang,” ungkapnya didampingi Kabag Bin Ops (KBO) Iptu Dudi Pramudia, ketika ditemui Espos di ruang kerjanya, Rabu (30/12).

Dia mengatakan, kekuatan yang dilibatkan guna proses pengamanan perayaan tahun baru 2010 sebesar 320 personil setara dengan 2/3 kekuatan Polres setempat.

Terkait pertimbangan lokasi-lokasi pengamanan utama di Karanganyar, Kasatlantas menyatakan tidak terlepas dari keberadaannya sebagai tempat konsentrasi massa. Dia mengemukakan pula, secara rinci jumlah petugas kepolisian yang di terjunkan di Pusat Kota meliputi 59 personil di Alun-alun, 22 personil di Taman Pancasila, serta 23 personil di Pertigaan Palur, Jaten.

Selain itu di Terminal Bejen ditempatkan 11 personil dan Terminal Karangpandan tujuh personil.

Pada bagian lain, selain petugas gabungan dari Polres Karanganyar, pengamanan perayaan tahun baru 2010 juga melibatkan berbagai instansi terkait di pemerintah kabupaten (Pemkab). Di antaranya adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Saka Bhayangkara.

try

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…