Rabu, 30 Desember 2009 11:43 WIB Internasional Share :

Ratusan militan Al Qaeda siapkan serangan baru

Sanaa–Percobaan peledakan pesawat baru saja terjadi di Amerika Serikat (AS). Ratusan militan Al Qaeda diyakini sedang beroperasi di Yaman dan mungkin merencanakan serangan seperti percobaan peledakan pesawat Northwest Airlines tersebut.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Yaman Abu Bakr Al-Qirbi. Petinggi Yaman itu meminta bantuan lebih banyak dari negara-negara Barat untuk melatih pasukan keamanan lokal guna memburu para militan.

“Tentu saja ada sejumlah anggota Al Qaeda di Yaman dan beberapa pemimpin mereka. Kami menyadari bahaya ini,” kata Al-Qirbi kepada BBC seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (30/12).

Ketika ditanya berapa persisnya jumlah anggota Al Qaeda yang diyakini berada di Yaman, Al-Qirbi berujar: “Saya tak bisa memberikan angka pastinya. Mungkin ratusan, 200, 300. Saya tak punya angka pasti.”

Dikatakannya, pemerintah AS, Inggris dan Uni Eropa bisa berbuat banyak untuk memperbaiki respons Yaman terhadap para militan yang beroperasi di wilayahnya. “Memang ada dukungan, tapi saya harus katakan itu tidak cukup,” tutur Al-Qirbi.

“Kami butuh lebih banyak pelatihan, kami harus mengembangkan unit-unit kontraterorisme kami dan ini artinya memberikan mereka pelatihan yang diperlukan, peralatan militer, sarana transportasi. Kami sangat kekurangan helikopter,” paparnya.

Umar Farouk Abdulmutallab, pria Nigeria yang mencoba meledakkan pesawat Northwest Airlines, mengaku telah dilatih untuk misinya itu oleh perakit bom Al Qaeda di Yaman.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…