Selasa, 29 Desember 2009 11:15 WIB Internasional Share :

Pelaku percobaan peledakan pesawat akui disuplai Al Qaeda

Jakarta–Warga Nigeria, Umar Farouk Abdulmutallab (23) ditangkap atas percobaan pengeboman di atas Pesawat Delta Airlines. Kepada penyidik AS, Abdullmutallad mengatakan bahwa dirinya disuplai peralatan bahan peledak dan dilatih oleh mata-mata Al Qaeda.

Seperti dilansir AFP, Senin (28/12), Abdulmuttalab mencoba meledakkan pesawat yang mengarah dari Amsterdam ke Detroit itu dengan sebuah detonator kecil. Di dalam pesawat tersebut berisikan penumpang sekitar 300 orang.

Peristiwa tersebut memberikan kesan buruknya pengamanan airport akan aksi terorisme. Tersangka sendiri adalah anak hartawan yang tengah belajar di London University.

Media AS mengutip, Abdulmuttalab mengaku bahwa dalam penjagaan dirinya telah mencampurkan semprotan yang berisi bahan kimia dengan bubuk yang dilakban pada kakinya. Saat itu, dia mencoba meledakkan maskapai penerbangan Northwest Airlines.

Petugas pelaksana hukum lain mengatakan tersangka mengakui telah dilatih oleh mata-mata Al Qaeda dan diberikan pelatihan oleh pelatihan bagaimana cara meledakkan bom tersebut. “Tuduhan penyerangan di atas pesawat AS pada saat Natal menunjukkan bahwa kita harus waspada dalam aksi terorisme setiap saat,” kata jaksa penuntut umum, Eric Holder.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…