Selasa, 29 Desember 2009 14:40 WIB Kesehatan Share :

Bugar dengan senam hamil

Dok, belum lama ini, saya dinyatakan positif hamil. Terkait dengan hal itu, saya kini semangat untuk melakukan senam hamil. Sebenarnya, bagaimana sih senam hamil itu? Atas jawaban Dokterm saya sampaikan terima kasih.

Indah, Wonogiri.

Senam hamil sangat dianjurkan bagi setiap ibu hamil sebagai persiapan menjalani kehamilan, persalinan dan pascapersalinan. Senam hamil bermanfaat menjaga kebugaran fisik dan psikis ibu hamil sejak dini. Senam hamil bisa dimulai setelah keluhan-keluhan (ngidam) seorang wanita hamil berkurang atau hilang (usia kehamilan empat hingga enam bulan).
Senam hamil sebaiknya dipandu instruktur yang berpengalaman. Meskipun setelah ibu hamil memahami dengan baik urutan gerakan senam hamil, senam dapat pula dilakukan sendiri di rumah.
Dalam senam hamil, umumnya, ibu hami dipandu teknik pernapasan, relaksasi dan penatalaksanaan nyeri. Berikut urutan senam hamil:
1. Berdoa sebagai awal melakukan semua aktivitas
2. Melemaskan otot paha dalam, letakkan kedua telapak tangan di atas lutut, tekan lutut ke arah luar dengan bantuan berat badan, bokong akan terangkat dari kasur
3. Latihan dasar sikap baik
4. Latihan peningkatan sikap baik
5. Latihan dasar pernapasan perut
6. Latihan dasar pernapasan iga
7. Latihan dasar pernapasan dada
8. Peningkatan latihan pernapasan
9. Latihan otot perut
10. Latihan dasar panggul jatuh ke depan
11. Latihan peningkatan panggul jatuh ke depan
12. Latihan dasar panggul jatuh ke samping
13. Latihan peningkatan panggul jatuh ke samping
14. Latihan dasar rotasi panggul
15. Latihan peningkatan rotasi panggul
16. Latihan dasar otot dasar panggul
17. Latihan belajar mengejan
18. Latihan relaksasi total
19. Latihan mengejan efektif
20. Latihan mencegah sungsang
21. Latihan mencegah wasir
22. Akhiri dengan doa
Senam hamil dapat pula dilaksanakan di RS Islam Surakarta. RS Islam Surakarta menjadwalkan pelaksanaan senam ini bersama-sama setiap hari Rabu kedua dan keempat tiap bulannya. Dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB di Gedung Utama Lantai VI. Untuk mengikutinya, Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dulu di Poli Kebidanan dan Kandungan. Semoga bermanfaat.

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…