Selasa, 29 Desember 2009 18:16 WIB Solo Share :

400-an seniman dukung Jokowi-Rudy


Solo (Espos)–
Setelah kalangan jasa parkir, tukang becak dan ibu rumah tangga menyampaikan dukungan pada pasangan incumbent maju lagi, kini giliran ratusan seniman menyatakan dukungan yang sama.

Hampir 400-an seniman Solo, Selasa (29/12) kemarin mendatangi Balaikota Solo. Mereka berasal dari seniman music, tari, ketoprak dan keroncong yang selama ini tumbuh dan berkembang di Solo. Para seniman menilai, pada masa kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) dan FX Hadi Rudyatmo (Rudy), pariwisata Kota Solo berkembang pesat.
Koordinator aksi, yang juga anggota DPRD Solo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Willy Tandio mengatakan selama masa kepemimpinan Jokowi-Rudy, Solo tumbuh menjadi kota yang dikenal budaya dan keseniannya. Hal itu, menjadi alasan kuat para seniman mendukung pasangan incumbent tersebut maju lagi dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo, April 2010 mendatang.
“Pariwisata Solo saat baik selama dipimpin beliau. Ini menjadi alasan 400-an seniman menyatakan dukungan. Hanya pada masa Jokowi-Rudy, keroncong dapat masuk di Loji Gandrung,” ungkap Willy, Selasa.

Dia merinci, 400-an orang yang mendatangi Balaikota, kemarin, nerasal daro 27 komunitas seni di Kota Bengawan. Di antaranya, Solo Manise, OK Asri, Bintang Surakarta, HAMKRI, Hasta, Refresh Band, Suara Bengawan dan Satrio Iromo. Berdasarkan data pihaknya, aksi yang digelar secara mendadak tersebut sebenarnya hanya diikuti 317 orang.

Namun, lantaran banyaknya seniman yang merasa terpanggil untuk mendukung, aksi kemarin diikuti hampir 400-an orang. Willy menambahkan, aksi dukungan Jokowi-Rudi oleh para seniman Solo, dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti dengan deklarasi.

Deklarasi itu direncanakan melibatkan 51 kelompok seniman se-Solo, dengan jumlah anggota sekitar 600 orang. “Ini masih dalam proses pembahasan. Tapi yang jelas, kami perkirakan tanggal 10 Januari, deklarasi akan digelar di Joglo Sriwedari,” imbuh dia.

Sementara itu, Jokowi bergeming menanggapi dukungan para seniman. Orang nomor satu di pemerintah Kota Solo itu mengatakan tetap akan menyampaikan kepastian maju atau tidak pada Januari 2010. Kendati demikian, seusai menerima aksi ratusan seniman, Jokowi dan Rudy sempat mengenakan pin bergambar Jokowi-Rudy dalam acara peresmian Pasar Panggung Rejo.

tsa

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…