Senin, 28 Desember 2009 17:37 WIB Women Share :

Sale tak identik hemat!

Rayuan promosi belanja akhir tahun memang menggiurkan. Tapi para penggila belanja tetap dituntut waspada. Pasalnya, sale tak selalu identik dengan belanja hemat. Salah perhitungan malah bikin dana  Anda ludes sia-sia gara-gara tak tahan dengan godaan sale akhir tahun. Sebelum terlanjur menyesal, siapkan diri Anda menghadapi godaan obral tahun baru.
Ibarat sedia payung sebelum hujan, Anda juga harus menyiapkan amunisi sebelum berjibaku menghadapi serangan diskon dan tawaran belanja menarik di pengujung Tahun Kerbau ini. Pertama, matangkan rencana belanja. Orang bijak mengatakan, rencana yang baik sama dengan setengah keberhasilan. Khusus untuk kebutuhan fashion, mungkin ada baiknya apabila Anda coba meneliti ulang koleksi pakaian yang sudah ada. Sale, tahun baru saat yang tepat untuk mulai merancang gaya berpakaian yang baru. Jadi, coba cari referensi tren yang disukai, sesuaikan dengan koleksi di lemari Anda. Dari sana, Anda bisa memperkirakan item fashion mana yang belum dimiliki dan penting untuk menunjang penampilan tahun depan.
Kedua, belanja lebih awal. Kebanyakan toko dan pusat perbelanjaan sudah mulai menggelar masa promosi sekitar 10 hari sebelum akhir tahun tiba. Beberapa toko lainnya, bahkan sudah mulai memberi penawaran khusus sejak sebulan silam.   Di awal masa promosi itu, pilihan barang tentu lebih banyak dan variatif.
Ketiga, jangan ragu untuk bolak-balik mencoba dan memeriksa barang incaran Anda lebih teliti sebelum membayar. Beberapa toko, memanfaatkan masa akhir tahun untuk menghabiskan stok lama. Barang-barang yang di-display boleh jadi kualitasnya tak terlalu prima karena terlalu lama tersimpan di gudang atau sering dicoba oleh calon pembeli sebelumnya. Pepatah, “Teliti sebelum membeli,” sepertinya sangat tepat diterapkan pada kesempatan ini.
Terakhir, kendalikan diri Anda menghadapi sale akhir tahun. Memiliki kartu kredit memang memudahkan, tapi, jangan sampai kehilangan kendali diri karena kemudahan ini. Apalagi, banyak toko memberi layanan khusus dengan memberi tambahan diskon bila Anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit tertentu.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…