Senin, 28 Desember 2009 23:50 WIB Karanganyar Share :

Konfercab PDIP Karanganyar, 17 PAC bulat dukung Paryono


Karanganyar (Espos)-
-Sebanyak 17 Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Karanganyar sepakat mengusung Paryono sebagai calon tunggal Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dalam konferensi cabang partai itu yang dijadwalkan berlangsung Januari 2010.

Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karanganyar, Bibit Suwanto, dalam penjelasannya kepada wartawan menyebutkan dukungan 17 PAC tersebut diputuskan melalui rapat kerja di wilayah masing-masing yang digelar Minggu dan Senin (20-21/12). Dukungan bulat juga disampaikan kepada Megawati Soekarnoputri untuk kembali memimpin partai moncong putih itu periode lima tahun mendatang.

“Jadi dalam Raker (rapat kerja) itu masing-masing PAC diberikan hak mengusulkan calon Ketua DPC, Ketua DPD, serta Ketua Umum. Di Karanganyar, dari Raker 17 PAC, semuanya kompak memberikan dukungan kepada Paryono sebagai Ketua DPC dan Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Umum. Sedangkan untuk Ketua DPD Jateng diserahkan kepada Konfercab (konferensi cabang),” ungkapnya saat ditemui di Sekretariat DPC PDI Perjuangan Karanganyar, Senin (28/12).

Bibit memaparkan, Rapat PAC dilaksanakan setelah terbitnya Surat Keputusan (SK) Nomor 435/KPTS/DPP/XI/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Rapat PAC, Konferensi Cabang (Konfercab), Konferensi Daerah (Konferda), dan Konggres dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan. Mengenai keberadaan peraturan itu, kata dia, telah disosialisasikan melalui Rapat Kerja Cabang (Rakercab) yang digelar, Sabtu (12/12) lalu atau satu pekan sebelum rapat PAC.

Disinggung soal munculnya Paryono sebagai satu-satunya kandidat Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karanganyar, dia menegaskan hal itu merupakan aspirasi kader partai dari tingkat bawah. “DPC sudah memberi kesempatan kepada mereka yang berada di anak cabang untuk mengusulkan kader yang dinilai berkompeten, tetapi setelah proses rapat PAC, ternyata hanya muncul satu nama saja yang diusung, yaitu Pak Paryono,” ujarnya.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Karanganyar periode 2004-2009 itu menambahkan, perihal dukungan kepada kandidat Ketua DPC itu disampaikan secara resmi melalui berita acara rapat PAC. Bahkan menurutnya jajaran pengurus DPC telah melaporkan pula kepada pengurus DPD Jawa Tengah (Jateng). Pada bagian lain, dia menyatakan jadwal Konfercab masih akan dibahas di jajaran pengurus DPC untuk kepastian pelaksanaannya.

Sebelumnya secara terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karanganyar, Sumanto, menyatakan keengganannya untuk kembali mencalonkan diri dalam bursa perebutan jabatan tertinggi partai itu periode lima tahun ke depan pada 2010-2015.

Sumanto yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPRD berdalih sikap itu diambil guna memberikan kesempatan kepada kader partai yang lain, sekaligus kaderisasi dan regenerasi. Sementara itu Paryono sebagai kandidat kuat, selain menduduki posisi Sekretaris DPC, yang bersangkutan diketahui pula merupakan Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar.

try

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…