News
Senin, 28 Desember 2009 - 18:48 WIB

Kepala Sekolah mulai dituntut kreatif

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Perwakilan bidang pendidikan The United Nations Childrens Fund (UNICEF) Jawa Tengah, Dr Tukiman MS PhD mengatakan kepala sekolah dituntut kreatif untuk mengembangkan manajemen berbasis sekolah (MBS).

Dia mengatakan, pihak sekolah lebih leluasa untuk mengembangkan kemampuan serta potensi yang berada di lingkungan sekolah tanpa harus menunggu peraturan dari pemerintah. Menurutnya, hasil kerjasama yang dijalin UNICEF dan Pemerintah Kota Solo, beberapa sekolah dapat menampilkan kemampuan akademik maupun kurikulum nonakademik.

Advertisement

Dengan demikian, sambung dia, untuk mengembangkan manajemen berbasis sekolah tersebut kepala sekolah dan guru dituntut memiliki kreatifitas dan inovasi. “Kami memulai dari pendidikan dasar terlebih dahulu, tujuannya untuk mengoptimalkan kemampuan siswa sejak dini,” jelasnya ketika dijumpai Espos di Abdullah Meeting Room Solo, dalam acara advokasi team pengembang MBS, Senin (28/12).

Dia mengatakan, sekolah rintisan MBS akan mendapatkan pelatihan maupun peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) kepala sekolah dan guru. Menurutnya, perkembangan rintisan MBS dimasing-masing sekolah tergantung kemauan dan kreatifitas pihak sekolah.

“Kami tidak mentargetkan berapa sekolah yang menjadi rintisan MBS, semua tergantung dari sekolah,” paparnya.

Advertisement

das

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kepala Sekolah Kreatif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif