Senin, 28 Desember 2009 14:30 WIB Ekonomi Share :

Harga gula meroket, Pemerintah akan gelar pasar murah awal 2010

Jakarta–Harga gula di tingkat pasaran yang terus merangkak naik akhirnya membuat pemerintah turun tangan. Memasuki awal tahun 2010, pemerintah berencana akan menggelar pasar murah untuk produk gula. Pasar murah ini ditujukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah dengan harga gula yang ditawarkan lebih murah dari harga pasaran.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (28/12).

“Segera akan kita lakukan pasar murah seminggu dua minggu lagi,” katanya.

Bayu menjelaskan sementara waktu pelaksanaan pasar murah untuk gula akan dilakukan oleh Perum Bulog. Nantinya harga gula yang akan dijual  lebih murah sekitar Rp 1500-2000  dibawah harga pasar setempat.

“Kita akan mulai dulu di beberapa kota, sasarannya masyarakat berpendapatan rendah,” katanya.

Ia menjelaskan dalam pasar murah itu nantinya akan disasar sebanyak 17,5 juta rumah tangga sasaran (RTS). Dimana setiap RTS berhak membeli  1-2 kg dalam setiap pembelian.

Seperti diketahui harga gula di dalam negeri dan harga internasional kembali bergejolak memasuki tutup akhir tahun 2009. Di pasar dalam negeri harga gula sudah tembus hingga Rp 12.000 lebih per kg di beberapa tempat.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…