hijaupertanianku.blogspot.com
Senin, 28 Desember 2009 17:41 WIB Women Share :

Cuci gudang akhir tahun goda penggila belanja

CUCI GUDANG—Akhir tahun identik dengan masanya berbelanja dengan harga lebih murah karena adanya cuci gudang di toko-toko. (Espos/Ratna Puspita Dewi)

CUCI GUDANG—Akhir tahun identik dengan masanya berbelanja dengan harga lebih murah karena adanya cuci gudang di toko-toko. (Espos/Ratna Puspita Dewi)

Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari

Akhir tahun memang pantas dijuluki masa “bulan madu” bagi para penggila belanja. Seindah momentum bulan madu pasangan baru, bulan madu untuk para penggila belanja juga menawarkan sejuta kesenangan. Ya, karena pada pengujung tahun seperti ini saja seluruh pusat perbelanjaan dan pertokoan sepakat berbaik hati menjual produk mereka dengan harga dan bonus yang menggiurkan.
Kesempatan ini jelas terlalu berharga untuk disia-siakan. Kapan lagi bisa mendapatkan tas dan sepatu branded dengan harga nyaris setengah dari harga normal. “Mumpung banyak diskon, saya manfaatkan kesempatan untuk belanja pakaian dan sepatu. Buat investasi penampilan tahun depan,” kata Tara, wisatawan asal Samarinda, saat ditemui tengah asyik belanja di salah satu pusat perbelanjaan di Solo.
Tara bukan satu-satunya orang yang enggan menyia-nyiakan kesempatan sale akhir tahun. Di sekitar dia, ratusan pengunjung lainnya tampak sibuk mengobrak-abrik keranjang pakaian yang dijual dengan harga obral dan potongan khusus.
Pakaian, memang menjadi salah satu item favorit yang paling banyak memberi penawaran harga yang menarik. Seperti dalam Bazaar Matahari Departemen Store, 18 Desember hinga 31 Desember 2009. Aneka pakaian dari berbagai merk siap dilepas dengan potongan harga hingga 70%. “Bukan hanya pakaian, Bazaar kami juga menyediakan tas dan barang kebutuhan lainnya dengan harga spesial,” kata Asisten Manajer Matahari Departemen Store (MDS) Solo Grand Mall, Lunny.
Bukan cuma diskon
Kalau Anda mengira promo belanja akhir tahun hanya terbatas pada diskon dan potongan harga besar-besaran, tampaknya Anda perlu meng-up grade pengetahuan soal belanja. Okelah, promo belanja berupa potongan harga memang masih mendominasi, tetapi Anda juga perlu tahu ada beberapa promo belanja menarik lain yang ditawarkan.
Asal cerdik memanfaatkannya, bukan mustahil keuntungan ganda saat belanja akhir tahun bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah promo special price. Promo ini banyak dipakai untuk stok barang khusus, yang dijual dengan patokan harga flat yang miring. Misalnya saja untuk seluruh produk kaus bermerk tertentu dijual seharga Rp 19.900 per potong.
Ada pula promo label coret, yaitu berupa penawaran dengan tetap menampilkan harga asli yang dicoret dan diganti dengan harga yang lebih murah. Sebutlah harga yang tertera pada label adalah Rp 19.900, tapi angka Rp 19.900 itu dicoret dan diganti dengan Rp 9.900.
Sebenarnya penawaran itu tidak terlalu istimewa, namun nyatanya penawaran macam begini punya efek psikologis dahsyat yang mendorong banyak orang untuk membeli. Iya lah, saat melihat label harga yang dicoret dan diganti dengan nominal yang lebih kecil, sebagian dari Anda mungkin akan berpikir, “Wah murah ini, harga normalnya Rp 20.000-an sekarang dijual Rp10.000-an. Beli ah.”
Promo menarik lainnya berupa voucher struck. Salah satu toko yang menerapkan promo ini adalah MDS. Dengan nominal belanjaan tertentu, pembeli mendapat voucher belanja yang langsung tertera pada struk belanja. “Dalam struk akan tertulis voucher belanja. Nah, voucher itu nanti bisa digunakan untuk memotong nilai belanja berikutnya di hari yang sama,” kata Lunny.
Promo voucher belanja lainnya, juga bisa didapati di Super Home, Solo Square. Dengan belanja senilai Rp 300.000, setiap konsumen mendapat kesempatan memilih voucher belanja yang tersembunyi dalam kaus kaki di pohon Natal. Voucher belanja terbesar yang disediakan adalah Rp 1 juta.
Belakangan, banyak toko dan pusat perbelanjaan juga menjalin kerja sama dengan bank atau perusahaan telekomunikasi. Beberapa gerai bahkan menawarkan potongan harga tambahan dan harga promosi untuk pembeli yang melakukan transaksi dengan kartu kredit atau kartu debit dari bank tertentu. Beberapa gerai lainnya juga menyediakan bonus belanja bagi pelanggan kartu telekomunikasi tertentu.
Seperti penawaran beli dua gratis satu minuman di Exelso Cafe Solo Square yang bisa diperoleh hanya dengan menunjukkan tulisan Indosat pada layar ponsel. Atau juga, tambahan diskon sepatu all item 10% yang ditawarkan Sportz Station bila Anda melakukan pembayaran dengan kartu BRI.
“Untuk promo tahun baru, semua produk kami beri diskon 40%, bila pembayaran dilakukan dengan kartu BRI maka pembeli akan diberi tambahan diskon lagi sebanyak 10%,” kata Tono, penanggung jawab Sportz Station Solo Square.

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…