Sabtu, 26 Desember 2009 16:57 WIB Pendidikan Share :

Siapkan UN, sekolah pangkas masa liburan

Solo (Espos) — Menyusul perubahan jadwal ujian nasional, sejumlah sekolah di Kota Solo memangkas masa liburan siswa dengan mengintensifkan jam pelajaran tambahan.
Menurut Wakil Kepala SMAN 3 Solo, Eni Nursanty, siswa mulai liburan sekolah dan Natal pada 21Desember dan mulai masuk pada tanggal 4 Januari mendatang. Namun demikian, sambung dia, untuk siswa kelas XII mereka mendapatkan pelajaran tambahan dari tanggal 28 Desember hingga 31 Desember, kegiatan tersebut digunakan untuk latihan soal dan pendalaman materi. Jam pelajaran tambahan tersebut dimulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. ”Mulai Senin mendatang, siswa kelas XII mendapatkan les tambahan untuk latihan materi UN,” jelasnya ketika dihubungi Espos, Kamis (24/12).
Dia mengatakan, persiapan dan latihan soal untuk mempersiapkan UN telah dilakukan sejak November lalu, siswa mendapatkan les tambahan di pagi hari mulai pukul 06.10 WIB.
Dia menambahkan, selain pembekalan akademik pihaknya akan memberikan penguatan psikologi siswa untuk  menunjang keberhasilan siswa pada pelaksanaan ujian. Hal senada diungkapkan, Kepala SMK 5 Solo, Susanta. Dia mengatakan, selain latihan soal yang digelar secara mandiri, pihaknya mempersiapkan siswa untuk mengikuti latihan soal secara bersama tingkat kota. Rencananya kegiatan latihan ujian itu digelar dua kali, pada bulan Februari dan Maret. Terkait itu, pada masa liburan pihaknya memberlakukan jadwal pelajaran tambahan bagi siswa kelas XII. ”Pelajaran tambahan dilakukan pagi hari, ada juga kelas yang menggelar jam tambahan pada sore hari,” paparnya.
Dia mengatakan, karena jadwal ujian dimajukan ada sejumlah materi pelajaran yang belum terselesaikan sehingga siswa mendapatkan materi tersebut pada saat jam tambahan tersebut. ”Terkait dengan pelaksanaan ujian kami masih menunggu sosialisasi dari dinas,” paparnya.
Tambahan pelajaran di waktu liburan juga diperlakukan kepada siswa kelas XII MAN 2 Solo yang tetap masuk sekolah sejak Kamis (24/12). ”Masuknya siswa di liburan ini merupakan agenda yang sudah diputuskan dalam rapat di sekolah. Pelaksanaan tambahan jam tersebut juga atas kesadaran para siswa,” ujar Wakil Kepala Sekolah bagian Humas, Drs Adam Fathoni kepada Espos, Jumat (25/12).

Oleh: Dina Ananti, Oriza Vilosa

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…