Sabtu, 26 Desember 2009 20:28 WIB News Share :

Harga gula tembus Rp 13.000 per kilogram

Pekalongan–Harga gula pasir di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, kini mulai menembus Rp13 ribu per kilogram sehingga kondisi ini dikeluhkan masyarakat.

Hermawati, seorang pedagang di pasar tradisional di Pekalongan, Sabtu, mengatakan, harga gula dalam sepekan terakhir ini secara bertahap terus meningkat dan kini telah menembus Rp 13.000 per kilogram.

“Sebelumnya, harga gula pasir hanya mencapai Rp 9.000/kg tetapi secara bertahap terus mengalami kenaikan hingga Rp 13.000/kg,” katanya.

Ia mengatakan, akibat adanya kenaikan harga gula, para pedagang merasa kesulitan untuk menjual pada warga karena kebutuhan gula pasir tidak sama dengan beras.

“Jujur saja, stok gula yang kami jual mengalami penurunan karena tidak semua warga membutuhkan gula pasir. Mungkin kondisi ini berbeda dengan kebutuhan beras yang semua orang akan membutuhkannya,” katanya.

Nurohmah, seorang pedagang warung minuman, mengatakan, kenaikan harga gula yang sudah terjadi dalam dua pekan terakhir ini cukup merepotkan karena mereka terpaksa harus menaikan pula harga segelas teh manis.

“Kami itu bingung ketika akan menaikan harga segelas teh. Namun jika kami tidak menaikan juga tidak mendapatkan untung,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Industri, dan Perdagangan Kabupaten Pekalongan, Sugiharto di Pekalongan, mengatakan, kenaikan harga gula di sejumlah pasar masih relatif aman sehingga belum perlu dilakukan operasi pasar gula.

“Kami belum perlu melakukan operasi pasar karena harga gula masih dalam batas kewajaran, operasi pasar akan kami lakukan jika harga gula sudah mencapai Rp 15.000 per kilogram,” katanya.

 

Ant/tya

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…