Jumat, 25 Desember 2009 20:33 WIB Solo Share :

Natal di Solo kali ini lebih aman

Solo (Espos)–Peringatan Hari Raya Natal 2009 berlangsung lancar dan aman di Kota Solo. Umat Nasrani mengikuti peribadatan Natal dengan khidmat di gereja masing-masing, sejak Kamis (24/12) sore.

Pada Natal kali ini, mereka diingatkan untuk senantiasa membagi kebaikan kepada seluruh umat di muka bumi. Di Gereja Santo (St) Antonius Purbayan, misa Natal diikuti hingga 5.000-an orang jemaat. Misa di gereja katolik tertua di Kota Bengawan itu diselenggarakan lima kali, Kamis (24/12) pada pukul 16.30 WIB dan 19.30 WB, dan Jumat (25/12) pada pukul 07.00 WIB, 10.00 WIB serta 18.00 WIB.

Sementara, kegiatan bagi-bagi sembilan bahan pokok (Sembako) terpusat yang tahun sebelumnya dilaksanakan panitia Natal gereja setempat, untuk tahun ini ditiadakan. Panitia sengaja mengubah pola pembagian dengan menyerahkan 2.500 paket Sembako langsung kepada warga yang membutuhkan, dengan alasan keamanan.

Pendeta Gereja St Antonius Purbayan, Antonius Puja Harsana SJ, saat ditemui di gereja setempat, Jumat (25/12), mengatakan peringatan Natal tahun ini dinilai lebih lancar dan aman. Di internal pengelola gereja sendiri, berbagai upaya dijalankan demi menciptakan kondisi yang aman dan nyaman untuk lancarnya pelaksanaan ibadah Natal.

“Natal tahun ini lebih aman, saya kira. Kami sendiri untuk tahun ini sengaja mengubah model pembagian paket Sembako. Sekarang, paket Sembako dibagikan melalui kelompok-kelompok umat di wilayah lingkungan. pembagian yang terpusat seperti tahun lalu, kami hindari,” papar pria yang akrab disapa Romo Puja tersebut.

Sementara itu dalam khotbah Natal di gereja setempat, umat Nasrani diajak untuk mewujudkan kebaikan Tuhan dalam setiap tindakan sehari-hari. Kebaikan tersebut, jelas Pujo, bukan hanya dibutuhkan dalam berhubungan dengan sesama umat Nasrani, melainkan seluruh umat manusia. Bahkan, kebaikan juga harus dibagikan kepada alam sekitar untuk melestarikan lingkungan hidup.
tsa

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…