emrsatu.blogspot.com
Kamis, 24 Desember 2009 15:15 WIB News Share :

Wilayah Jateng-DIY berpeluang hujan disertai petir

Cilacap (ESPOS) — Stasiun Meteorologi Cilacap memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai petir berpeluang terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (25/12).
“Secara umum, cuaca di wilayah Jateng dan DIY berawan sebagian hingga berawan berpeluang hujan ringan sampai sedang yang disertai petir antara siang hingga pagi hari,” kata Analis Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo di Cilacap, Kamis.
Menurut dia, awan-awan pembentuk hujan kini mulai bermunculan setelah sempat tersedot ke daerah tekanan rendah yang mengakibatkan cuaca di wilayah Jateng dan DIY mengering selama lebih dari satu pekan.
Kendati hujan kembali mengguyur Jateng dan DIY, kata dia, suhu udara di wilayah ini diprakirakan berkisar antara 23-32 derajat Celcius dengan kelembaban 60-96 persen.
“Selain di daratan, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan berpeluang terjadi di wilayah perairan selatan Jateng dan DIY. Akan tapi peluang hujan di wilayah perairan terjadi pada malam hingga pagi hari,” katanya.
Terkait ketinggian gelombang di perairan selatan Jateng dan DIY, dia mengatakan,  secara umum tinggi gelombang berkisar antara 0,4 hingga dua meter dengan tinggi maksimal 1,5 hingga dua meter dan kecepatan angin 10-35 kilometer per jam yang bertiup dari arah tenggara hingga barat daya.
Menurut dia, tinggi gelombang di wilayah pantai diprakirakan berkisar antara 0,4-1,5 meter dengan kecepatan angin 10-30 km/jam, sedangkan di wilayah Samudera Hindia diprakirakan berkisar antara 0,8 hingga dua meter dengan kecepatan angin 20-35 km/jam.
Ia mengatakan, kondisi cuaca perairan tersebut berbahaya bagi perahu nelayan.
“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak mengisi liburan dengan berwisata di pantai untuk tetap waspada terhadap kemungkinan adanya gelombang setinggi 1,5 meter,” kata Teguh. Ant

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…