Selasa, 22 Desember 2009 16:16 WIB Sport,Internasional Share :

Messi terpilih sebagai pemain Terbaik Dunia FIFA

Zurich–Lionel Messi menjadi pemain pertama Argentina yang terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA tahun ini pada Senin.

Pemain depan berusia 22 tahun itu, yang juga mendapat anugrah sebagai Pemain Terbaik Eropa pada awal bulan ini, memperoleh penghargaan tersebut setelah mengoleksi empat gelar juara penting bersama klubnya Barcelona yaitu pada Liga Champions, Piala Dunia Klub, La Liga (Liga Utama Spanyol) serta Piala Raja.

“(Penghargaan) ini menutup tahun yang sangat sempurna dan luar biasa bagi Barcelona, rekan-rekan satu tim saua dan bagi saya sendiri,” ujar Messi usai menerima tropi pemain terbaik itu dari Presiden UEFA dan mantan pemain internasional Prancis Michel Platini.

Pemain asal Argentina itu, yang bergabung dengan Barcelona saat masih berusia 13 tahun pada tahun 2000, berhasil mengumpulkan 1.073 poin dalam suatu pemungutan suara dari 147 kapten dan pelatih tim nasional.

Sementara pemain sayap Portugal dan Real Madrid Cristiano Ronaldo, pemenang tahun lalu, berada di tempat kedua dengan perolehan poin yang sangat jauh di bawah Messi, yakni 352 poin, disusul dengan pemain tengah Spanyol dan Barcelona Xavi (196 poin).

Messi pernah menjadi pencetak gol terbanyak pada musim 2008-2009 Liga Champions, dengan mencetak sembilan gol termasuk satu gol dalam kemenangan 2-0 pada pertandingan final melawan Manchester United.

Performa klub

Dia juga menyarangkan gol penentu kemenangan 2-1 dalam perpanjangan waktu pada final Piala Dunia Klub saat bertemu dengan Estudiantes di Abu Dhabi, Sabtu.

Suara bagi Messi itu tampaknya seluruhnya didasarkan atas performanya pada klubnya tersebut karena penampilannya di timnas Argentina, di bawah asuhan pelatih Diego Maradona, sebagian besar mengecewakan.

Argentina harus berjuang keras untuk dapat lolos kualifikasi menuju putaran final Piala Dunia tahun depan.

Sebelum acara tersebut dimulai, Messi mengatakan kepada wartawan ia tidak dapat menjelaskan mengapa ia tidak dapat bermain dengan baik dan dengan kemampuan yang sama dengan performanya di klub saat bermain pada tim nasionalnya.

“Saya tidak tahu,” katanya. “Saya berusaha melakukan hal yang sama dengan yang saya lakukan bagi Barcelona. Namun pertandingan kualifikasi Piala Dunia sungguh rumit, terkadang sulit untuk mengembangkan permainan dan kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk lolos kualfikasi.”

“Saya yakin Piala Dunia benar-benar akan berbeda bagi kami … mudah-mudahan bisa lebih baik bagi saya dan Argentina.”

Penghargaan pemian terbaik versi FIFA itu pertama kali diadakan tahun 1991.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…