Senin, 21 Desember 2009 14:00 WIB News Share :

Presiden lantik 1.092 perwira TNI-POLRI

Surabaya–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melantik sebanyak 1.092 calon taruna perwira Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia di Dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung, Surabaya, 23 Desember.

Komandan Jenderal Akademi TNI Mayjen TNI (Marinir) Nono Sampono di sela-sela gladi resik kegiatan Praspa TNI dan Pelantikan Perwira TNI-Polri di Koarmatim Surabaya, Senin, menjelaskan Presiden Yudhoyono akan menjadi inspektur upacara kegiatan pelantikan tersebut.

Taruna calon perwira remaja yang akan dilantik terdiri dari 275 orang lulusan Akademi Militer (Akmil), 195 orang lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL), 123 orang lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 499 orang lulusan Akademi Kepolisian (Akpol).

“Semula jumlah taruna calon perwira remaja sebanyak 1.097 orang, namun ada lima orang yang dinyatakan tidak lulus, yakni dua dari Akpol dan masing-masing satu dari Akmil, AAL dan AAU,” kata Nono Sampono, didampingi empat gubernur akademi TNI dan Polri.

Pada kesempatan pelantikan, Presiden Yudhoyono juga akan menyematkan penghargaan Bintang Adhi Makayasa kepada lima lulusan terbaik dari masing-masing angkatan dan dua dari kepolisian.

Mereka adalah Sermatutar Aminto Suryo Mutiara (Akmil), Sermatutar Aldwin Hafids Harsandy (AAL), Sermatukar Bayu Anugrah Rahardjo Putra (AAU), Brigtutar Tiksnarto Andaru Rahutomo (Akpol lulusan SMU), dan Brigtutar Riyanto, SH (Akpol lulusan Unibraw).

Dari 1.092 orang lulusan yang dilantik, sebanyak 65 orang di antaranya merupakan taruni dari Akpol.

Selain melantik taruna calon perwira, Presiden yang didampingi istrinya Ny. Ani Bambang Yudhoyono direncanakan melakukan penanaman pohon di lokasi Monumen Yos Sudarso yang terletak di Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal) Bumimoro Surabaya.

Ia menambahkan upacara pelantikan akan dihadiri Panglima TNI, tiga kepala staf TNI, Kapolri, pejabat di lingkungan Mabes TNI dan sejumlah tamu penting lainnya.

Kegiatan pelantikan taruna calon perwira di Markas Koarmatim merupakan yang ketiga kalinya, setelah kegiatan yang sama pada tahun 1968 dan 1978. Selain itu, pelantikan juga pernah dua kali digelar di AAL, yakni tahun 1973 dan 2005.

“Tempat pelantikan memang digilir setiap tahun dan tahun ini kebetulan TNI AL yang menjadi tuan rumah,” kata Nono Sampono.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…