News
Senin, 21 Desember 2009 - 14:05 WIB

Misa pemakaman Kelly Kwalik dipimpin uskup Timika

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Timika–Perayaan misa requem sebelum pemakaman Kelly Kwalik dipimpin Uskup Timika, Mgr John Philip Saklil Pr bertempat di halaman Kantor DPRD Mimika, Papua, Senin siang.

Wartawan ANTARA di Timika melaporkan, perayaan misa pemakaman Kelly Kwalik berlangsung mulai pukul 14.00 WIT dan dihadiri ratusan pendukung dan simpatisannya yang memadati halaman Kantor DPRD Mimika.

Advertisement

Uskup Saklil dalam khotbahnya menyebut Kelly Kwalik merupakan “tokoh besar” bagi Tanah Papua. Ia meminta semua pihak meninggalkan segala kebencian dan kegembiraan atas kematian Kelly Kwalik yang di dalam kelompok separatis disebut-sebut menjabat panglima kodam III tentara pembebasan nasional organisasi papua merdeka (tpn-opm) itu.

“Suka atau tidak suka harus diakui semangat patriotisme yang selama 30 tahun menyerahkan hidupnya bagi Tanah Papua,” kata Uskup Saklil.

Menurut Uskup Saklil, perjuangan dan komitmen Kelly Kwalik selama ini didasari atas ketidakadilan, masalah perampasan hak dengan dalil untuk kepentingan negara.

Advertisement

Gereja Katolik, demikian Uskup Saklil, mengutuk keras semua bentuk kekerasan yang terjadi di Tanah Papua selama ini.

“Setiap kekerasan hanya akan menimbulkan kekerasan baru dan setiap pembunuhan hanya akan melahirkan pembunuhan baru,” kecam Uskup Saklil.

Ia mengajak semua komponen di Papua bersama memperjuangkan keadilan, menghapus segala bentuk pembodohan dan upaya penghancuran manusia Papua.Jenazah Kelly Kwalik rencananya akan dimakamkan di Timika Indah, Senin petang.
Ant/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kelly Papua
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif