Soloraya
Minggu, 20 Desember 2009 - 21:33 WIB

Tentukan ketua 25 PAC PDIP gelar rapat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Sebanyak 25 pimpinan anak cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Kabupaten Wonogiri selama dua hari, Minggu-Senin (20-21/12), menggelar rapat PAC untuk menentukan nama-nama calon Ketua DPC, DPD dan ketua umum DPP. Informasi sementara yang dihimpun, empat nama disebut-sebut bakal bersaing dalam bursa calon ketua DPC.

Keempat nama dimaksud adalah Ketua DPC PDI-P Wonogiri yang juga Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri, Wawan Setya Nugraha, Joko Sutopo, Edi Purwanto, dan Bupati Wonogiri Begug Poernomosidi. Kendati demikian, jumlah maupun nama calon tersebut masih bisa berkurang atau bertambah setelah semua PAC menyerahkan nama-nama calon.

Advertisement

Sekretaris Internal yang juga Kepala Kesekretariatan DPC PDI-P Wonogiri, Ernawati, ditemui di ruang kerjanya, Minggu, mengungkapkan, rapat PAC untuk menentukan ketua DPC, DPD dan Ketua Umum DPP itu digelar dua tahap. Tahap pertama, Minggu, dilaksanakan di 15 PAC, sedangkan tahap kedua, Senin, diselenggarakan di 10 PAC.

“Hasilnya nanti setiap PAC menyodorkan masing-masing satu nama calon untuk ketua DPC Wonogiri, ketua DPD Jateng dan ketua umum DPP. Setelah itu, seluruhnya akan direkap untuk mengetahui dari nama-nama calon yang diajukan PAC, siapa yang memperoleh suara terbanyak,” jelas Ernawati.

Selain menentukan nama-nama calon ketua DPC, DPD dan DPP, Ernawati menambahkan, setiap PAC dalam rapat itu juga akan menentukan tiga utusan yang akan mengikuti Konferensi Cabang (Konfercab). Menurut Erna, belum ada keputusan resmi kapan Konfercab akan digelar, tapi kemungkinan akhir Desember 2009 atau awal Januari 2010.

Advertisement

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Pemerintahan dan Pembangunan DPC PDI-P Wonogiri, Setyo Sukarno kepada Espos, Minggu mengungkapkan, nama-nama calon yang diajukan oleh PAC itu nantinya akan dibawa ke pembahasan di Konfercab. Dia mengatakan, seorang calon bisa memenangkan pemilihan jika mendapatkan suara 50% plus satu dari jumlah PAC. Dengan demikian, minimal seorang calon harus mendapat dukungan dari 13 PAC untuk bisa menjadi ketua DPC.

Ditanya nama-nama calon yang sudah muncul dalam bursa pemilihan ketua DPC PDI-P Wonogiri, Setyo mengaku hanya mendengar dua nama yang sudah beredar, yaitu Wawan Setya Nugraha dan Joko Sutopo. “Setahu saya ya dua itu, tapi kalau dari PAC mengusulkan nama lain, ya saya tidak tahu. Nanti kan di rapat tersebut PAC akan menentukan berdasarkan musyawarah mufakat, kalau tidak berhasil baru dengan cara voting,” ujar dia.
shs

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : PDIP Wonogiri
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif