Sabtu, 19 Desember 2009 15:43 WIB Internasional Share :

Negara berkembang nilai kesepakatan KTT Perubahan Iklim bentuk pengkhiatan


Kopenhagen-
-Kemarahan muncul di KTT perubahan iklim di Kopenhagen, Denmark. Kemarahan berasal dari beberapa negara berkembang yang memprotes teks kesepakatan ‘Copenhagen Accord’. Mereka juga kesal karena tidak diikutsertakan dalam perundingan tertutup negara-negara kaya.

Padahal sebelumnya Presiden AS Barack Obama telah memuji keberhasilan KTT tersebut. “Hari ini kami telah membuat terobosan berarti dan tak terduga di Kopenhagen ini,” kata Obama kepada wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (19/12).

“Untuk pertama kali dalam sejarah, semua negara ekonomi besar telah bersatu untuk menerima tanggung jawab mereka dalam bertindak untuk menghadapi ancaman perubahan iklim,” tegas Obama.

Namun beberapa jam setelah Obama dan pemimpin-pemimpin penting lainnya meninggalkan Kopenhagen, para delegasi dari 194 negara berkumpul untuk menyetujui teks kesepakatan. Teks tersebut mengenai kesepakatan yang dicapai setelah pertemuan seharian yang melibatkan dua lusin presiden dan perdana menteri di Kopenhagen termasuk Obama.

Menurut Ian Fry, delegasi dari Tuvalu, pulau kecil di Pasifik yang keberadaannya terancam oleh perubahan iklim, kesepakatan itu merupakan pengkhianatan.

“Sepertinya kami sedang ditawari 30 keping perak untuk mengkhianati rakyat dan masa depan kami,” kata Fry.

Kesepakatan ‘Copenhagen Accord’ menetapkan komitmen untuk membatasi pemanasan global menjadi dua derajat Celcius, namun tidak menyebutkan landasan pijakan yang penting: target emisi global untuk 2020 atau 205

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…