Sabtu, 19 Desember 2009 21:05 WIB Solo Share :

Dukung Kota Layak Anak, Solo luncurkan KIA

Solo (Espos)–Pemerintah kota (Pemkot) Solo me-launching Kartu Insentif Anak (KIA) yang diperuntukkan bagi anak-anak di bawah 17 tahun dan belum menikah di Taman Cerdas Kelurahan Sumber, Banjarsari, Sabtu (19/12).

Dalam acara itu juga dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan 12 perusahaan di Solo untuk mendukung KIA tersebut. Perusahaan yang turut dalam MoU itu antara lain PT Askes, Budi Sehat, Gramedia, Togamas, Sekawan, Elti Gramedia, PDAM, Hotel Sunan, Hotel Sahid Jaya, Kusuma Sahid Prince Hotel, THR Sriwedari dan TSTJ.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Solo Mamiek Miftahul Hadi menjelaskan penerbitan KIA itu dilakukan sebagai upaya mendukung program Kota Solo sebagai Kota Layak Anak.

“Selain itu untuk peningkatan kesejahteraan dan penghidupan anak yang dapat menjamin pertumbuhan dan perkembangannya yang wajar baik secara jasmani, rohani dan sosial,” jelas dia.

Mamiek menambahkan selain sebagai kartu identitas, KIA itu juga berfungsi sebagai kartu diskon untuk beberapa bidang yang telah melakukan penandatanganan MoU.

Dalam tahun 2009 ini, jelas Mamiek, KIA baru taraf uji coba bagi anak yang berdomisili di Kecamatan Banjarsari. Menurut Mamiek dalam program KIA itu, pihaknya akan melakukan penyisiran bersama PKK dan beberapa stakeholders untuk mendata seluruh anak-anak yang berada di Kecamatan Banjarsari. Diperkirakan, sekitar 10.000 anak berada di Kecamatan Banjarsari.

Sementara, Wakil Walikota FX Hadi Rudyatmo menjelaskan dengan hadirnya KIA itu anak-anak tidak hanya memiliki kartu identitas diri saja, tetapi jika bisa digunakan untuk kegiatan lain.

fid

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…