Sabtu, 19 Desember 2009 11:46 WIB Internasional Share :

AS-Rusia temui jalan buntu soal pengurangan nuklir

Kopenhagen–Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menemui jalan buntu dalam pembahasan tentang pengurangan nuklir sisa perang dingin. Ada hal-hal yang masih harus didiskusikan lebih mendalam tentang masalah klasik tersebut.

Rencananya, pembahasan akan kembali dilakukan pada awal Januari 2010 setelah libur Natal dan Tahun Baru.

“Mereka akan melakukan liburan Natal, kita juga,” kata penasihat luar negeri Rusia, Sergei Prikhodko, seperti dilansir Reuters, Sabtu (19/12). Pembahasan tentang nuklir ini dilakukan di sela-sela KTT Perubahan Iklim yang digelar di Kopenhagen, Denmark.

Tidak ada yang menjelaskan secara detil kenapa pembicaraan tersebut deadlock. Padahal sejak tahun 1991, kedua negara berusaha melakukan kesepakatan untuk mengurangi produksi senjata nuklir.

Inisiatif ini kemudian dilontarkan kembali oleh Obama, setelah Presiden AS sebelumnya, George W Bush sempat membuat tensi tegang antara AS dan Rusia. Obama sangat berhati-hati dalam melakukan pembicaraan dengan Medvedev.

“Kami sudah mencapai kemajuan yang luar biasa. Kami hampir mencapai kesepakatan. Dan saya yakin dalam waktu dekat itu akan terwujud,” kata Obama.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…