Kamis, 17 Desember 2009 12:23 WIB Karanganyar Share :

Malam 1 Sura, pendaki Lawu diprediksi capai 1.000 orang


Karanganyar (Espos)-
-Pendaki Lawu pada malam 1 Sura, Kamis (17/12), diprediksi menembus 1.000 orang. Pihak kepolisian dan Pemkab setempat pun mulai melakukan pengamanan lokasi, terutama di jalur-jalur pendakian yang bakal dilalui para pendaki.

Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Karanganyar, Ign Trianto, didampingi Kabid Linmas Aji Pratama Heru K, mengatakan setiap momen-momen tertentu Gunung Lawu selalu menjadi tujuan pendakian masyarakat umum maupun kalangan pecinta alam.

“Seperti malam 1 Sura ini, biasanya juga ramai. Banyak warga masyarakat yang melakukan pendakian ke Lawu. Ada yang dari kalangan warga biasa atau kalangan pecinta alam. Karena biasanya ada pendakian massal, maka perlu diberikan pengamanan oleh pihak yang berwajib dan juga Pemkab,” kata dia, Kamis (17/12).

Badan Kesbangpol dan Linmas sendiri mengerahkan 100-an orang dari Ormas relawan dan saat ini sudah standby di Pos Pendakian Cemorokandang. Mereka akan terus siaga di pos-pos pendakian hingga pendaki massal turun gunung.

“Perkiraan kami, jumlah pendaki antara 700 hingga 1.000 orang, yang berasal dari berbagai daerah. Kami membantu pengamanan di sana, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pendakian malam 1 Sura,” tambah Heru.

Selain aparat kepolisian dan relawan Satlak Penanggulangan Bencana (PB) Karanganyar, Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Karanganyar juga menerjunkan sebanyak 20 anggota Korps Sukarela (KSR) untuk membantu pengamanan pendakian Lawu. Lima anggota KSR lainnya akan diperbantukan ke Badan Kesbangpol dan Linmas.

Chief Executive Officer (CEO) PMI cabang Karanganyar, Sugiharto, mengatakan ke-20 anggota KSR itu akan disiagakan di Pringgodani, sejak Rabu hingga Jumat (18/12). Di tempat itu, mereka juga mendirikan Posko, dapur umum, dengan segala peralatan dan perlengkapan pendukung.

“Mulai dari perlengkapan P3K, dragbar, serta mobil ambulance yang disiapkan di Cemorokandang. Semua kami siapkan untuk mengantisipasi kejadian luar biasa, yang berkaitan dengan pendakian massal malam 1 Sura,” kata Sugiharto.

dsp

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…