Rabu, 16 Desember 2009 12:24 WIB Internasional Share :

Obama perintahkan pemindahan tahanan Guantanamo ke penjara AS

Washington--Presiden AS Barack Obama memerintahkan pemindahan lusinan tahanan kamp Guantanamo ke sebuah penjara di Illinois, AS. Langkah ini sejalan dengan rencana Obama menutup penjara Guantanamo di Kuba tersebut.

Para tahanan itu akan dipindahkan ke penjara Thomson. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Hillary Clinton dan Menteri Pertahanan AS Robert Gates dalam pernyataan bersama mereka.

“Presiden tak punya niat membebaskan satu tahanan pun di AS,” demikian pernyataan Clinton dan Gates seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (16/12).

Diimbuhkan mereka, langkah tersebut dilarang dalam legislasi AS yang berlaku saat ini.

Belum jelas berapa persisnya jumlah tahanan Guantanamo yang akan dipindahkan ke penjara Thomson di Carroll County, Illinois. Di Thomson nantinya mereka akan ditempatkan di tempat terpisah dari para tahanan lainnya di Thomson.

Saat ini masih ada 210 tahanan di Guantanamo. Gates sebelumnya telah mengatakan, sebanyak 116 tahanan akan dibebaskan atau diekstradisi ke negara-negara asal mereka. Itu artinya kurang dari 100 tahanan lainnya masih harus dipenjara di tempat lain. Sebagian besar dari mereka dianggap terlalu berbahaya untuk dibebaskan namun tak bisa diadili karena kurangnya bukti-bukti.

Obama telah memerintahkan penutupan Guantanamo hingga 22 Januari 2010 mendatang. Namun Obama mengakui, tenggat waktu tersebut akan mundur karena kompleksnya masalah tersebut.

dtc/isw

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…