Selasa, 15 Desember 2009 11:02 WIB Pendidikan Share :

UMS realisasikan dana hibah Rp 380 juta


Solo (Espos)–
Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) merealisasikan dana hibah kompetitif senilai Rp 380 juta yang digunakan untuk mengembangkan kewirausahaan di wilayah Soloraya.

Menurut Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMS, Prof Dr Absori SH MHum, ada 18 proposal kewirausahaan dengan menggadeng pengusaha atau pengrajin di Soloraya.

Dia mengatakan realisasi dana hibah tersebut senilai Rp 380 juta. Terkait dengan penelitian dan pengembangan usaha tersebut, sambung dia, sejumlah proposal itu tengah dimonitoring dan evaluasi (Monev). “Seluruh kegiatan telah selesai dan menjadi pilot project pengembangan kewirausahaan bagi pengrajin,” jelasnya ketika dijumpai Espos di UMS, Senin (14/12).

Dia mengatakan, dengan adanya pengembangan kewirausahaan itu pengrajin dapat meningkatkan kreasi maupun teknik pemasaran barang produksi tersebut, misalnya untuk pengembangan produk kerajinan gitar di daerah Sukoharjo, tim pengembang dapat memproduksi gitar batik. Menurutnya, selain itu tim merintis pemasaran barang produksi tersebut via internet.

Dia menambahkan, dana hibah tersebut tidak seluruhnya habis tetapi 50% di antaranya untuk mengembangkan hibah kompetitif lainnya. Menurutnya, pengembangan ini lebih aplikatif dan pengrajin secara langsung dapat mengembangkan variatif produk itu. “Program hibah ini lebih konkret karena dapat dimanfaatkan secara langsung,” jelasnya.

das

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…