Selasa, 15 Desember 2009 21:23 WIB News,Internasional Share :

Gurita cerdas ditemukan di Sulawesi

Sydney–Kekayaan bahari Indonesia terus memberi kejutan dunia ilmu pengetahuan. Peneliti Australia menemukan gurita cerdas dari Sulawesi. Si gurita berenang membawa batok kelapa. Untuk apa ya?

Adalah Julian Finn dan Mark Norman, pakar biologi kelautan Australia, yang menemukan gurita cerdas ini. Mereka berdua selama 10 tahun meneliti di Sulawesi Utara dan Bali.

“Kami saat itu berada di Sulawesi Utara saat bertemu gurita dengan perilaku menakjubkan ini,” kata Finn seperti dilansir Reuters, Kamis (15/12).

Gurita unik ini masih dari keluarga Veined Octopus. Dia suka menempati cangkang kerang kosong, batok kelapa atau benda berongga buatan manusia yang jatuh ke dasar laut.

Finn dan rekannya melihat gurita ini membawa belahan batok kelapa sambil berenang. Batok kelapa ini dipakai untuk tempat perlindungan semacam rumah. Terkadang, gurita ini memakai 2 belahan batok untuk kemudian menjadi penutup yang sempurna.

“Menggunakan benda adalah keahlian utama manusia. Namun ternyata ada hewan sederhana dan bahkan bukan vertebrata, yaitu gurita yang juga bisa menggunakan benda,” imbuh Norman.

dtc/tya

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…