Soloraya
Senin, 14 Desember 2009 - 22:47 WIB

Soal proyek tol Solo-Semarang, Warga minta ganti rugi sesuai harga pasaran

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Warga Dukuh/Desa Dibal Kecamatan Ngemplak meminta panitia proyek jalan tol untuk memberikan ganti rugi harga tanah sesuai harga standar.

Salah satu warga Dukuh Dibal RT 1/RW 5, Walgito, 56, menuturkan, harga tanah yang berada di Jalan DPU (sebutan untuk tanah yang di tepi Jalan Raya Dibal-Kalioso) dihargai oleh panitia senilai Rp 300.000/meter.

Advertisement

“Saat ini, harga tanah di tepi jalan DPU sudah dihargai Rp 600.000 sampai Rp 700.000 per meternya. Warga hanya minta agar tanah kami dihargai sesui standar. Paling tidak mendekati harga standar,” ucap Walgito saat ditemui wartawan, di Dukuh Dibal Desa Dibal, Senin (14/1).

Pernyataan senada disampaikan beberapa warga lainnya yaitu Mulyatno, 65, Sugiyanto, 56, Siti Juwariyah, 42 dan Mujahid, 44. Mereka sangat berharap agar ganti rugi yang diberikan kepada warga benar-benar sebanding dengan harga tanah yang berlaku saat ini.

Juwariyah dan tetangganya itu menghendaki uang ganti rugi tersebut nantinya bisa dibelikan tanah kembali sesuai dengan kondisi yang sekarang.

Advertisement

“Kami ingin kalau nanti beli tanah lagi tidak tombok. Tempat kami sekarang sangat strategis, bisa untuk usaha dan tanah sawahnya merupakan tanah produktif. Kebanyakan rumah sekaligus untuk tempat usaha,” kata Juwariyah.

Walgito menuturkan melalui hasil usahanya di Toko Oli telah mampu mengkuliahkan keempat anaknya. Mujahid mengemukakan, ada sekitar 30 kepala keluarga (KK) yang tanahnya akan terkena proyek jalan tol Solo-Semarang.

Dijelaskan Walgito, sesuai penawaran dari panitia, harga tanah  di tepi jalan DPU dihargai Rp 300.000/meter. Adapun untuk harga tanah di jalan yang agak masuk Rp 250.000/meter dan jika lebih ke dalam lagi Rp 225.000/meter.

Advertisement

Untuk ganti bangunan, imbuh Walgito, jika satu lantai Rp 1,3 juta-Rp 1,8 juta dan apabila bangunan tingkat Rp 2,4 juta.

nad

Advertisement
Kata Kunci : Jalan Tol Solo-semarang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif