Senin, 14 Desember 2009 15:20 WIB News Share :

KPK bidik Hatta Rajasa soal korupsi hibah kereta api


Jakarta–
KPK menelusuri keterlibatan mantan Menteri Perhubungan Hatta Rajasa terkait kasus dugaan korupsi hibah bantuan kereta api dari Jepang tahun 2006. Tersangka dalam kasus itu adalah mantan Dirjen Perkeretaapian Dephub Sumino Eko Saputro.

“Kita sedang telusuri, saat ini masih dalam proses penyidikan,” ujar Jubir KPK Johan Budi SP di kantornya, Jl Rasuna Said, Jakarta, Senin (14/12).

Menurut Johan, jika diperlukan, pria yang saat ini menjabat Menko Perekonomian ini juga akan dipanggil untuk dimintai keterangan. Namun hingga kini belum ada jadwal yang pasti soal pemanggilan Hatta ini.

“Itu kita sedang telusuri, jika diperlukan akan kita mintai keterangan, tapi saya belum tahu kapan,” jelas pria berkacamata ini.

KPK hari ini sudah memeriksa 4 karyawan PNS Dephub dan 3 karyawan Bappenas terkait kasus ini. “Keterlibatan mereka belum bisa saya sampaikan, karena masih dalam proses penyidikan,” pungkasnya.

Kasus ini bermula ketika pemerintah Jepang memberikan hibah kereta api tahun 2006 lalu. Proyek tersebut bernilai Rp 48 miliar. Akibat perbuatan tersangka yang diduga menggelembungkan dana transportasi dari Jepang ke Indonesia itu, negara dirugikan Rp 11 miliar.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…