Senin, 14 Desember 2009 15:40 WIB News Share :

Koalisi kabinet diprediksi hanya bertahan 3 tahun

Jakarta--Isu perpecahan dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II akan muncul kembali di tahun ketiga periode pemerintahan SBY-Boediono. Perpecahan itu terkait persiapan dari partai-partai politik anggota koalisi menghadapi Pemilu dan Pilpres 2014.

“Paling lama koalisi bertahan 3 tahun, setelah itu parpol koalisi akan berpikir kepentingannya masing-masing, mendukung capres yang akan maju,” prediksi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Komaruddin Hidayat, Senin (14/12).

Komaruddin dicegat wartawan usai pembukaan seminar bertajuk “Dasar Pemikiran Politik Islam Kontemporer Indonesia”. Seminar berlangsung di Kampus UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang, Banten.

Dia juga memprediksi pada 2012 akan mulai bermunculan para tokoh yang berpotensi untuk mengajukan diri sebagai kontestan Pilpres 2014. Mengingat bahwa SBY tidak bisa lagi mencalonkan diri, maka pada saat itulah partai koalisi mulai melakukan berbagai aksi politik mendekati salah satu bakal calon dan sedikit banyak akan membawa pengaruh dalam kabinet.

“Koalisi pemerintahan sekarang kan pelangi, dan pelangi hanya indah satu jam pertama,” ujar mantan anggota KPU ini tentang ilustrasi umur koalisi.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…