Senin, 14 Desember 2009 11:25 WIB News Share :

Grup 'turunkan Patung Obama di Menteng' di FB tembus 700 anggota

Jakarta– Belum genap sepekan patung Barack Obama berdiri di Taman Menteng sudah mendatangkan protes di Facebook. Sebuah grup ‘Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng’ telah menarik minat 700-an member.

Grup ini mempertanyakan jasa Obama bagi bangsa Indonesia sehingga perlu ada monumen di Taman Menteng. “Apa visi dari pembangunan monumen Barack Obama? Adakah manfaatnya bagi masyarakat?” tanya grup yang diinisiasi oleh Heru Nugroho dan Daniel Rudi ini.

“Maka, demi sebuah harga diri bangsa yang berdaulat, Monumen Barack Obama di Taman Menteng harus segera dibongkar dan diturunkan, karena tidak harmonis dengan warna dan wajah keindonesiaan. Bukankah masih banyak pahlawan-pahlawan Bangsa Indonesia yang layak mendapatkan penghargaan itu, satu contoh misalnya adalah Bung Ali Sadikin,” beber mereka.

Hingga pukul 10.12 WIB, Senin (14/12) member di grup itu telah berada di angka 737.

Patung Obama kecil diresmikan pada Kamis 10 Desember, bersamaan dengan momen Obama menerima Nobel Perdamaian. Peresmian dihadiri sejumlah donatur antara lain Surya Paloh dan Walikota Jakarta Pusat Silviana Murni.

Patung Obama dipahat oleh Edy Chaniago. Bahan patung terbuat dari perunggu. Dalam patung itu, Obama mengenakan kaos bercelana pendek dengan sepatu kets.

Tangan kiri Obama diangkat ke atas dengan seekor kupu-kupu hinggap di jempolnya. Tinggi patung Obama yang berumur 6 tahun itu 110 cm dan berat 30 kg. Patung ini diberi nama Barry Dream Statue.

Pembuatan patung Obama ini menghabiskan dana kurang lebih Rp 100 juta. Pembuatannya sekitar 3 bulan. Tetapi proses izin memakan waktu 1 tahun.

“Ini tidak ada niatan politis. Ini semata-mata agar menginspirasi anak muda di Jakarta dan di Indonesia tentang mimpi,” kata Ron Muller, ketua Yayasan Friends of Obama.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…