mediaindonesia.com
Minggu, 13 Desember 2009 20:34 WIB Solo Share :

Menangi pemilihan RT, Wiyono pun diarak keliling kampung

Solo (Espos)–Bagi sebagian besar warga, pemilihan ketua rukun tetangga (RT) masih dianggap sebagai rutinitas yang membosankan, tak menarik dan membuang-buang waktu. Namun tidak demikian bagi warga RT 1/RW I Krembyongan, Kadipiro, Banjarsari, yang melakukan pemilihan ketua RT setempat, Minggu (13/12) siang.

Diprakarsai oleh Ketua RW setempat, Agus Setyo Utomo, pemilihan ketua RT 1 Krembyongan dilakukan dengan menerapkan mekanisme pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres dan Wapres) 2009. Mulai dari tahapan pendaftaran dan seleksi calon, hingga masa kampanye dan penyaluran suara, persis Pilpres.

Spektakulernya lagi, pemenang pemilihan ketua RT diarak keliling kampung menggunakan gerobak yang ditarik oleh CPM Kopral Partika Subagyo. Unjuk kekuatan kopral kebanggaan wong Solo yang juga tinggal di lingkungan tersebut, menarik perhatian puluhan warga setempat.

Mereka berkumpul di tepi jalan sembari mengucapkan selamat kepada ketua RT terpilih yakni Wiyono, 60. Laki-laki berkumis tersebut berhasil mengalahkan pesaingnya, Rubiyanto, 45, dengan perolehan suara berturut-turut 107 dan 80 orang. Jumlah pemilih di wilayah RT 1 tercatat 260 orang.

“Kami ubah sesuatu yang selama ini tidak diminati, menjadi prosesi unik dan menghibur. Dan warga sangat senang sepanjang acara. Apalagi saat ketua RT terpilih diarak keliling kampung menggunakan gerobak,” ujar Agus Setyo saat ditemui .

Dia menjelaskan, pemilihan ketua RT dengan kemasan unik akan berkesan bagi masyarakat. Sehingga warga akan menyalurkan suara mereka sesuai hati nurani mereka. Pada akhirnya diharapkan, ketua RT terpilih merupakan sosok yang benar-benar dicintai warga dan akan bekerja optimal demi kesejahteraan masyarakat. “Kami juga membagikan puluhan door prize dan satu handphone bagi warga yang datang,” papar Agus.
kur

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…