News
Minggu, 13 Desember 2009 - 15:57 WIB

186 Bayi dibuang orangtuanya

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Makin banyak saja orang tua yang tega membuang bayinya. Catatan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) ada 186 bayi dibuang sepanjang 2009 ini. Dari jumlah itu, 68 persen bayi ditemukan dalam keadaan meninggal.

“Ini salah satu bentuk fenomena gunung es karena ternyata semakin tahun kasus ini semakin meningkat, dan ini hanya yang terlapor saja,” kata Ketua Komnas PA Seto Mulyadi saat dihubungi Minggu (13/12).

Advertisement

Sekjen Komnas PA Arist Merdeka Sirait menjelaskan, pada 2008, tercatat 102 bayi dilaporkan dibuang. Dengan demikian, data 2009 ini naik 53 persen dari tahun 2008.

Menurut Arist, bayi-bayi tersebut dibuang oleh orang tuanya, karena lahir dalam kondisi keluarga yang hidup miskin, korban perkosaan, dan trend pergaulan bebas (accident). Kelahiran bayi tersebut dianggap sebagai aib yang akan memalukan keluarga.

“Bayi-bayi yang dibuang ini, dibungkus dalam kardus atau plastik, biasanya ditemukan di tong sampah, di selokan parit, di teras rumah saudaranya yang rata-rata berumur 2-3 hari bahkan ada yang masih terdapat ari-ari nya,” kata Arist.

Advertisement

Sayangnya dari 186 kasus bayi dibuang ini, hanya 1 persen yang ditemukan siapa orangtuanya yang tega membuang bayinya tersebut. Sementara 68 persen bayi yang ditemukan dalam keadaan meninggal.

Penelitian yang dilakukan Komnas PA tahun 2007-2008 terhadap 4.726 remaja di Jabodetabek, menyimpulkan 83,7 persen remaja melakukan hubungan seks dan 21,2 persen di antaranya melakukan aborsi.

Menurut Arist, sebaiknya jika bayi yang lahir tidak dikehendaki oleh orang tuanya, bayi tersebut diserahkan ke departement sosial. Setiap anak yang lahir punya hak untuk hidup dan Depsos dianggap paling efektif menangani masalah ini, ataupun diserahkan ke Yayasan Sayap Ibu.
dtc/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Bayi Dibuang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif