Sabtu, 12 Desember 2009 20:40 WIB Internasional Share :

Taliban bantan Pimpinan Al Qaeda tewas

Islamabad– Taliban Pakistan membantah laporan Amerika Serikat yang mengklaim telah membunuh seorang pemimpin Al-Qaeda di kawasan suku Pakistan barat laut.

Sebelumnya Intelijen AS mengklaim telah membunuh seorang komandan Al-Qaeda bernama Abu Yahya al-Libbi dalam satu serangan terhadap sebuah mobil di Waziristan Utara.

NBC pada Kamis malam, mengutip sumber dari pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan seorang pemimpin utama Al-Qaeda tewas dalam sebuah serangan rudal di barat laut Pakistan.

Pejabat itu tidak mengetahui identitas orang yang tewas, namun berkata kepada NBC bahwa ia bukan pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden. Serangan itu dilakukan beberapa hari lalu, kata NBC, tanpa memberikan tanggal yang jelas.

Pejabat AS itu mengatakan tewasnya tokoh Al-Qaeda itu menyusul peningkatan operasi yang menyasar para pemimpin Al-Qaeda dalam beberapa pekan terakhir.

Pakistan baratlaut telah menjadi sasaran AS, sejak Presiden AS Barack Obama berkuasa dan menempatkan negara itu di garis terdepan perang terhadap Al-Qaeda.

Islamabab berada dibawah tekanan pihak barat untuk tidak hanya menjadi sasaran serangan Taliban, namun juga para gerilyawan yang terkait Al-Qaeda dan para gerilyawan yang menyeberangi perbatasan dan menyasar para pasukan asing di Afghanistan.

Sejak Agustus 2008, sekitar 65 serangan telah menewaskan lebih dari 600 orang, kendati sulit untuk mengkonfirmasi jumlah tepat dan identitas korban karena sejumlah wilayah terpencil cukup terasing dari dunai luar.

Pada Jumat pagi, media massa AS mulai berspekulasi bahwa seorang komandan penting Al-Qaeda menjadi sasaran di Pakistan.

ant/isw

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…