Sabtu, 12 Desember 2009 16:58 WIB News Share :

ICW beri rapor merah kinerja penegak hukum

Jakarta–Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia tidak berprestasi selama periode 2009. ICW pun memberikan rapor merah untuk KPK, Kejagung dan Polri.

Tiga lembaga tersebut diminta bekerja lebih keras untuk memberantas korupsi.

“Rapor merah. Untuk skala 1 sampai 10, nilainya 4,” ujar Wakil koordinator ICW Emerson Yuntho dalam diskusi ‘Refleksi Pemberantasan Korupsi’ di Warung Daun, Jl Cikini, Jakarta (12/12).

Esson, panggilan akrabnya, menjelaskan, tidak banyak kasus-kasus korupsi yang dibongkar selama 2009. KPK, Polri dan Kejagung terlalu disibukan masalah kriminalisasi Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah.

“Kriminalisasi Bibit-Chandra ini angin lalu, masih banyak tugas menanti,” jelasnya.

Menurut Esson, lembaga pemberantasan korupsi punya PR besar untuk menyelesaikan skandal Bank Century. Selain itu laporan Agus Condro pun belum ditindaklanjuti.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
SALESMAN/GIRL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…