Sabtu, 12 Desember 2009 18:45 WIB News Share :

Dukungan arus bawah PDIP masih ke Megawati

Jakarta–Dukungan bagi Megawati Soekarnoputri untuk maju kembali menjadi ketua umum PDI Perjuangan periode 2010-2015 masih kuat. Mayoritas DPD hingga penurus ranting PDIP seluruh Indonesia masih menginginkan putri Bung Karno itu untuk memimpin partai 5 tahun ke depan.

“Karena faktor kepemimpinan Ibu Mega yang kharismatis dan mampu menjadi perekat solidnya PDI Perjuangan seluruh Indonesia,” kata Ketua DPP PDIP Bidang Politik Tjahjo Kumolo, Sabtu (12/12).

Kongres PDIP dengan agenda utama pemilihan ketua umum akan dilakukan April 2010. Kongres didahului Konferensi Cabang dan Konferensi Daerah. Konferensi Cabang akan dimulai pertengahan Desember 2009 sedangkan Konfrensi Daerah akan berakhir awal Maret 2010.

Selain Megawati, nama-nama yang disebut-sebut dijagokan sebagai calon ketua umum adalah Puan Maharani dan Guruh Soekarnoputra. Khusus untuk Guruh, putra bungsu Bung Karno ini sudah melakukan gerilya mencari dukungan ke daerah seperti di Jawa Timur dan Bali.

“Kalau kongres masih meminta Ibu Mega menjadi ketua umum lagi, ya konsekuensinya sebagai kader partai harus siap melaksanakan tugas sebagai ketua umum,” kata Tjahjo.

Sebelumnya, dukungan mengusung Megawati menjadi ketua umum kembali juga disuarakan organisasi sayap PDIP, Taruna Merah Putih (TMP). Ketua Umum TMP yang juga Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait mengatakan, mengusung kembali Megawati adalah keputusan resmi TMP yang memiliki kepengurusan di 13 Provinsi dan 124 Kabupaten/Kota.

“Dalam Kongres 2010 mendatang Taruna Merah Putih akan tetap mendukung Megawati sebagai ketua umum,” kata Maruarar dalam acara penganugerahan Megawati Soekarnoputri Award Oktober lalu.

dtc/isw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…