Sabtu, 12 Desember 2009 20:03 WIB Karanganyar Share :

Bupati Karanganyar resmikan klinik agrobisnis

Karanganyar (Espos)–Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Citra Lawu Segorogunung berhasil mengadakan panen besar wortel dan kubis sebagai komoditas produk hortikultura di wilayah Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Pada panen raya di wilayah setempat, Sabtu (12/12), Ketua Gapoktan Citra Lawu, Sudarno, menyebutkan pengembangan produk hortikultura di wilayah itu dilakukan di lahan demplot seluas 1.100 m2. Rencananya, ke depan akan diperluas lagi hingga 1,5 hektare di lahan milik petani, dengan memakai sistem bagi hasil.

“Setelah melihat pemibibitan dan pengembangan produk hortikultura seperti wortel dan kubis, kami ingin meningkatkan lagi dan memperluas areal tanam agar hasilnya juga lebih meningkat,” terangnya.

Sementara, Bupati Karanganyar Rina Iriani mengatakan keberhasilan panen dengan sistem organik ini tak lepas dari peran serta Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut) serta tim pengembangan kerja sama dalam rangka tindak lanjut penerapan hasil penelitian teknologi pertanian, yang tercantum dalam MoU antara Bupati Karanganyar dengan Balai Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jateng.

“Panen raya produk hortikultura merupakan momentum penting selain bagi petani, juga bagi masyarakat Karanganyar sebagai bentuk keberhasilan usaha pengelolaan pertanian. Kualitas dan kuantitas hasil panen juga bisa dicontoh petani lain,” ujar Bupati, yang berkesempatan melakukan panen perdana secara simbolis.

Bupati sendiri berharap supaya petani setempat bisa terus meningkatkan mutu dan kuantitas produk hortikultura, mengingat manfaat dan pentingnya produk tersebut dilihat sebagai produk konsumsi maupun sebagai bisnis pertanian yang menguntungkan.

dsp

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…